Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina saat mendampingi Presiden Jokowi yang berkunjung ke Pulau Setokok, Batam. (F.HumasPemprov)

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengajak kaum milenial Kepri untuk memperkuat komitmen mereka dalam menjaga lingkungan. Terlebih untuk kawasan pantai, pelestarian lingkungannya, seperti hutan mangrove sangat penting. Kawasan ini sangat penting untuk perekonomian dan pariwisata.

“Mangrove yang terjaga sanga penting untuk menjaga Kepri yang terdiri dari ribuan pulau. Agar tidak abrasi dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Juga seperti pesan Bapak Presiden Jokowi kemarin, bahwa pelestarian mangrove ini penting untuk perubahan iklim,” kata Wagub Marlin di Graha Kepri, Batam, Kamis (30/9).

Usai mengikuti Rapat Asistensi Kegiatan Dekonstrasi bersama Mendagri Tito Karnavian, secara virtual dari Graha Kepri, Wagub Marlin memang bercerita tentang kunjungan Presiden Jokowi ke Pulau Setokok, Batam. Menurut Wagub Marlin, semangat Presiden Jokowi dalam pelestarian hutan mangrove harus diikuti masyarakat Kepri, apalagi untuk generasi muda dan kaum milenial.

Wagub Marlin menambahkan, dengan luas Kepri yang 96 persennya adalah laut, maka garis pantainya harus dijaga. Kepri sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang, hingga mencapai 2,367 kilometer.

“Kita jaga bersama agar tak kena abrasi air laut. Juga untuk mendukung ekonomi masyarakat pesisir,” kata Ketua TP PKK Kota Batam ini.

Wagub Marlin, yang besar di Karimun dan beberapa kali beraktivitas dengan sampan untuk bergerak antar pulau paham dengan biota penghasil uang apa saja di kawasan pesisir dan mangrove. Seperti kepiting, udang dan benerapa jenis ikan. Dengan terpeliharanya kawasan ini, maka, sumber ekonomi masyaraka juga terjaga.

Menurut Wagub Marlin, saat di Pulau Setokok, Presiden menyampaikan bahwa 20 persen hutan mangrove di dunia ada di Indonesia. Karena itu perlu terus dilestarikan. Dengan fungsi mangrove hang bisa memperbaiki ekosistem di pesisir, mengurangi abrasi air laut, dan mengurangi emisi karbon lebih banyak dari hutan tropis di darat.

Dalam kunjungan itu, Wagub Marlin memang salah seorang pejabat daerah yang menunggu di Pulau Setokok. Presiden Jokowi saat tiba langsung disambut dengan gerimis. Menggunakan jaket merah dengan hoodie, Presiden Jokowi ikut berendam di laut Setokok untuk menanam mangrove.

Wagub Marlin menyampaikan bahwa apa yang ditunjukkan Presiden Jokowi harus meningkatkan dan memperkuat komitmen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Presiden berbasah-basah oleh hujan dan berendam di laut Setokok menanam mangrove demi masa depan keletarian alam dunia.

“Kita semua harus mendukung gerakan itu. Peduli dengan pelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik,” kata Ketua Pikori BP Batam ini.(*/uma)