batampos.co.id – Pemerintah memberikan lampu hijau untuk izin penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dan acara besar seperti festival, konferensi, konser musik, hingga resepsi pernikahan. Menanggapi hal tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah menetapkan aturan yang harus dilaksanakan dan dipatuhi oleh penyelenggara acara besar tersebut. Di samping memastikan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan-kegiatan besar tersebut, sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat.

“Juga harus dibentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk memantau penerapan protokol kesehatan selama acara berlangsung,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet, Kamis (30/9).

Bamsoet juga meminta Pemerintah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mendorong pelaksana acara untuk mempersiapkan secara matang penyelenggaraan kegiatan-kegiatan besar tersebut.

“Itu dilakukan guna memastikan sarana dan prasarana pendukung penanggulangan Covid-19 termasuk protokol kesehatan tetap diterapkan secara disiplin,” katanya.

Bamsoet meminta pemerintah menyosialisasikan secara masif mengenai ketentuan-ketentuan apa saja yang harus dipenuhi oleh penonton maupun panitia penyelenggara, seperti persyaratan vaksin, tes Covid-19, status level PPKM di daerah terkait, maupun pembatasan-pembatasan lainnya.

“Dikarenakan perlunya menjaga secara ketat seluruh pelonggaran kebijakan saat ini agar tidak terjadi lagi klaster-klaster Covid-19 di berbagai sektor,” ungkapnya.

Bamsoet juga menyarankan agar pemerintah melakukan evaluasi secara berkala untuk setiap penyelenggaraan acara atau kegiatan besar diiringi dengan perbaikan dan mengkaji perkembangan maupun dampak dari terselenggaranya.

“MPR meminta pemerintah bersikap tegas apabila terdapat indikasi penyebaran virus di suatu tempat,” tuturnya.

Bamsoet meminta agar masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 5M seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.(jpg)