batampos.co.id – Partai Buruh sepakat untuk kembali dihidupkan. Partai ini diharapkan dapat mengakomodir kepentingan buruh dan bisa tampil di pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan sumber dana dari Partai Buruh ini. Kata dia, sumber pendanaan berasal dari iuran masing-masing anggota.

“Kami ingin menegaskan Partai Buruh didesain oleh serikat buruh, serikat petani, organiasasi guru, gerakan perempuan Indonesia dan gerakan sosial lain, itu sudah terbiasa membiayai secara mandiri,” ujar Said kepada wartawan, Senin (4/10).

Said menuturkan, setiap orang anggota ‘ditarik’ iuran sebesar Rp 50 ribu. Nantinya setiap tahunnya iuran anggota ini akan dinaikan sesuai dengan kebutuhan Partai Buruh.

“Sementara kami putuskan Rp 50 ribu per anggota dengan start awal. Ada Rp 100 ribu yang juga membayar. Nanti dari tahun ke tahun akan ditingkatkan karena ini enggak sulit, ada basis konstituen dan basis anggota,” katanya.

Said menjelaskan iuran per anggota ini juga telah diterapkan di serikat buruh. Misalnya saja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), KSPI, dan Serikat Petani Indonesia (SPI) yang sudah lama menarik iuran dari anggotanya.

“Inilah mendasari kenapa kami mejadi kuat basis dalam mebiayai organiasai, yaitu iuran anggota,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal mengaku dirinya bersama dengan aliansi buruh lainnya sepakat untuk menghidupkan kembali Partai Buruh. Para anggota akan berjuang untuk bisa mengikuti Pemilu 2024.

Said menjelaskan salah satu tujuan menghidupkan kembali Partai Buruh lantaran bentuk kekecewaan disahkan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Sehingga partai ini bakal memperjuangkan nasib para buruh.

“Suara kaum buruh dan petani, nelayan serta konstituen Partai Buruh harus diberikan kesempatan yang sama di suarakan melalui jalur parlemen, dan jalur perjuangan gerakan tetap dilakukan oleh serikat,” katanya.

Said menjelaskan, pendiri kebangkitan Partai Buruh ini setidaknya empat konfederasi serikat pekerja, kemudian 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional, serikat petani, nelayan, forum guru honorer, tenaga honorer, guru swasta dan organisasi gerakan sosial lainnya.

Said menuturkan, kongres kebangkitan Partai Buruh rencananya akan dikakukan pada 4-5 Oktober 2021 di sebuah hotel di kawasan Jakarta.(jpg)