Jumat, 29 Maret 2024

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan

Berita Terkait

batampos.co.id – Seniman asal Swedia yang dikenal kontroversi karena menggambar kartun karikatur Nabi Muhammad tewas dalam kecelakaan mobil. Lars Vilks, meninggal dalam usia 75 tahun.

Dia sempat menjadi kontroversi di seluruh dunia pada 2007 atas gambar Nabi Muhammad yang dibuatnya.

Pria itu meninggal pada Minggu (3/10) dalam sebuah kecelakaan di dekat kota selatan Markaryd. Kecelakaan terjadi saat Vilks sedang berkendara dengan dan dikawal mobil polisi yang bertabrakan dengan truk.

Saat itu, mobil yang ditumpanginya telah meninggalkan Stockholm menuju selatan. Namun mobil berbelok masuk jalur truk dan bertabrakan hingga kedua kendaraan terbakar. Dua petugas polisi juga dilaporkan tewas. Sopir truk diterbangkan ke rumah sakit dengan luka serius.

Polisi mengatakan, mereka tidak tahu mengapa mobil melaju ke jalur yang salah. Polisi sedang menyelidiki apakah penyebabnya karena ban meledak atau bukan.

Mobil yang mengangkut Vilks memiliki ban anti bocor. Namun, sisa-sisa ban yang meledak dilaporkan ditemukan di jalan.

”Ini adalah kejadian yang sangat tragis. Sekarang penting bagi kita semua untuk melakukan segala yang kita bisa untuk menyelidiki apa yang terjadi dan apa yang menyebabkan tabrakan,” kata pernyataan polisi.

Vilks lahir pada 1946 di Helsingborg di Swedia selatan. Vilks bekerja sebagai seniman selama hampir empat dekade dan menjadi terkenal setelah menghasilkan beberapa karya kontroversial.

Sejak penerbitan kartun, Vilks telah hidup di bawah penjagaan polisi sepanjang waktu, menyusul ancaman terhadap hidupnya. Pada 2010, dua pria mencoba membakar rumahnya di Swedia selatan. Pada 2014, seorang perempuan dari Negara Bagian Pennsylvania, AS, mengaku bersalah dalam rencana untuk membunuhnya.

Vilks mengatakan, kartun itu tidak sengaja dimaksudkan untuk memprovokasi umat Islam. Tapi untuk menantang batas-batas kebenaran politik di dunia seni. (jpg)

Update