batampos.co.id – Persatuan Istri Karyawan Badan Pengusahaan (Pikori) Batam mengelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Asrama Haji, Kota Batam, Selasa (5/10/2021).

Wakil Ketua 3 Pikori BP Batam, Nur Indrayati, mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu program pihaknya untuk menekan laju Covid-19 di Kota Batam.

“Kita bersama berbagai pihak memfasilitas masyarakat yang ingin divaksin dan target kita seribu vaksinasi per hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada Selasa (5/10/2021) ada 800 orang yang telah mendaftar secara online. Sementara yang telah divaksin hingga Selasa (5/10/2021) siang sebanyak 300 orang.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, meninjau kegiatan vaksinasi yang digelar Pikori BP Batam di Asrama Haji, Kota Batam. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Kegiatan tersebut lanjutnya akan dilaksanakan hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Selain itu pihaknya juga melakukan vaksinasi untuk ibu hamil yang dilaksanakan di Rumah Sakit BP Batam di Sekupang.

“Vaksinasi untuk ibu hamil dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober,” tuturnya.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, dalam menyelesaikan Covid-19 tidak bisa dilakukan oleh sebagian tapi harus dilaksanakan oleh semua pihak. Tidak terkecuali dari Pikori BP Batam.

“Gelombang kedua sudah berakhir tapi bukan berarti ini selesai. Masih ada gelombang ketiga dan keempat, itu menurut para pakar,” ujarnya.

Ia menjelaskan tugas semua pihak hari ini adalah bagaimana agar gelombang ketiga tidak seperti saat ini.

“Salah satu caranya adalah semua harus divaksin,” katanya.

Saat ini lanjutnya sudah 83 persen masyarakat Kota Batam yang telah divaksin dan 17 persen lainnya belum divaksin.

“17 persen ini, jumlah masyarakatnya ada 140 ribuan orang. Itu usia 18 tahun ke atas, sementara usia 12 sampai 17 tahun itu ada 20 ribuan orang dan vaksin kita mencukupi,” tuturnya.

Ia juga berharap pada November mendatang seluruh masyarakat Kota Batam telah 100 persen divaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi yang digelar BP Batam menggunakan vaksin Moderna.(esa)