batampos.co.id – Beberapa sekolah tingkat SD dan SMP di Tanjungpinang menunda Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas hingga Rabu (6/10) besok, karena sedang dilakukan asesmen siswa dan guru di tingkat nasional.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah mengatakan sekolah lain di Tanjungpinang sudah ada yang buka PTM terbatas, tapi ada sebagian sedang menjalani asesmen sehingga ada yang menunda beberapa hari.

”Sekarang SMPN 4 sedang melaksanakan asesmen untuk guru sehingga PTM terbatasnya diundur sampai Rabu,” kata Endang di SMPN 4 Tanjungpinang, Senin (4/10).

Pada dasarnya, kata Endang, SMPN 4 Tanjungpinang sudah siap untuk PTM terbatas, kedatangannya ke SMP itu untuk koordinasi pelaksanaan asesmen.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati mengatakan untuk satuan pendidikan PAUD, TK dan SD sederajat sudah dilaksanakan PTM terbatas sedangkan SMP ditunda.

”Saat bersamaan ada pelaksanaan asesmen nasional, semua guru terlibat sebagai pengawas dalam kegiatan itu,” kata Endang.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Tanjungpinang, Dirman mengatakan pihaknya menunda PTM terbatas jadi Rabu (6/10) karena ada asesmen nasional selama dua hari Senin (4/10) dan Selasa (5/10).

”Kita takut mengganggu PTM, siswa dan guru lagi ujian makanya kita tunda jadi Rabu,” kata Dirman.

Dirman mengatakan rata-rata hampir semua SD dan SMP di Tanjungpinang sedang melaksanakan asesmen tapi jadwalnya berbeda, ada sekolah yang baru mulai asesmen pada Rabu (6/10) besok.

”Asesmen itu dari kementerian mengukur kesiapan sekolah dan sebagai pengganti ujian nasional,” paparnya.

Di SMPN 4 Tanjungpinang, kata Dirman, semua guru sedang mengikuti asesmen dan 45 siswa. Ada materi tentang literasi, lingkungan sekolah dan beberapa materi terkait lainnya.

Siswa yang mengikuti asesmen nasional itu dipilih dari data pokok pendidikan (Dapodik) dipilih langsung dari kementerian. ”Pelaksanaanya ada online dan semi online, yang kita laksanakan ini semi online,” tambahnya.(*/jpg)