batampos.co.id – Kementerian PAN-RB mengumumkan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta menjaga lisan dan tulisan mereka di ranah publik. Sebab, jika salah bicara, maka berpotensi terkena pelanggaran kedisiplinan.

Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Otok Kuswandaru memaparkan, bentuk pelanggaran disiplin ASN yakni ucapan, tulisan, serta perbuatan yang tidak menaati ketentuan, kewajiban, atau larangan dalam PP 94 tahun 2021.

“Kalau ucapan itu apa sih? Ucapan itu setiap kata yang diucapkan di hadapan atau bisa didengar oleh orang lain,” ujar Otok dalam webinar Kementerian PAN-RB, Rabu (6/10).

Dengan demikian, Otok berpesan agar para ASN bisa menjaga ucapan di tengah ruang publik. “Saya sampaikan dalam situasi pandemi di tengah perubahan luar biasa dalam hal kerja, PNS harus jaga ucapan. Misalnya, ketika webinar atau rapat daring dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pelanggaran disiplin juga dapat dikenakan dari pelanggaran tulisan, gambar, karikatur, bahkan coretan sekalipun.

“Pelanggaran tulisan ini adalah pernyataan pikiran dan perasaan secara tertulis. jarimu harimaumu. Hati-hati,” tegasnya.(jpg)