batampos.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan kembali menyalurkan bantuan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Penyaluran akan dilaksanakan pada 11 sampai 15 Oktober mendatang.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbudristek Hasan Chabibie mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan finalisasi data para penerima program kuota data gratis. Adapun, dia memastikan bahwa akan ada peningkatan dari bulan sebelumnya. Pada September sendiri diketahui ada penyaluran bantuan kepada sebanyak 24,4 juta orang.

“Untuk bulan Oktober kami sedang menunggu data final, tapi bisa dipastikan terjadi kenaikan,” jelas dia kepada JawaPos.com, Kamis (7/10).

Diharapkan kepada para penerima bantuan untuk memanfaatkan kuota tersebut demi kebutuhan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Tidak boleh digunakan untuk kepentingan hiburan.

“Kepada para penerima bantuan kuota internet dari Kemendikbud untuk memaksimalkan pemanfaatannya dalam mendukung proses belajar mengajar,” ucapnya.

Sebagai informasi, target pemberian bantuan kuota data internet ini sebanyak 26,8 juta. Besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 GB/bulan dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB/bulan.

Sedangkan untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB/bulan. Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 GB/bulan. (jpg)