Rabu, 24 April 2024

Konsul Amerika Heran Batam jadi Tujuan Para Investor, Ternyata Ini Jawabannya…

Berita Terkait

batampos.co.id – Konsul Amerika Serikat Wilayah Sumatera, Gordon S. Church, melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Batam di Jalan Engku Putri, Batam Center, Rabu (6/10/2021).

Kunjungannya diterima langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Pada pertemuan tersebut, Gordon mengaku terkesan dengan Kota Batam.

“Saya salut dengan Batam,” kata Gordon.

Konsul Amerika juga sempat menanyakan apa yang membuat Kota Batam menjadi daerah primadona para investor.

“Saya ingin katakan, lokasi Batam ini sangat strategis. Kemudian, daerah ini menjadi perhatian pusat, maka diberi wewenang perizinan yang selesai hanya cukup di sini (Batam,red), tak perlu ke pusat,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, memberikan cenderamata kepada Konsul Amerika Serikat Wilayah Sumatera, Gordon S. Church. Foto: Pemko Batam

Selain itu, ia juga menjelaskan, saat ini tidak ada lagi dualisme antara Pemko Batam dengan BP Batam, pasca keputusan kedua lembaga ini dipimpin secara ex officio oleh Wali Kota Batam.

“Karena sudah satu pemimpinnya, proses perizinan semakin mudah,” ujarnya.

Rudi mengungkapkan investor Amerika juga ada di Batam. Ia berharap, ke depan jumlah investor dari Negeri Paman Sam bisa bertambah di Batam.

Saat ini lanjut Rudi, investor terbanyak di Batam berasal dari Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang dan negara-negara lainnya.

Lebih lanjut, perbincangan juga merambah penanganan Covid-19. Kabar baiknya, penanganan Covid-19 sangat bagus. Jika seluruh pihak semakin konsisten melaksanakan protokol kesehatan sangat mungkin Batam secara keseluruah menjadi zona hijau.

“Selain iklim investasi yang relatif tidak terganggu, penanganan covid sangat baik dan sebenarnya kalau dilihat kita sudah penuhi level 1,” imbuh Rudi.

Kabar ini tentu melegakan Gordon dan rombongannya. Menyambung pembicaraan, kerjasama Amerika Serikat dan Indonesia juga dalam hal ini cukup baik dalam bentuk bantuan vaksin untuk warga Indonesia.(*/esa)

Update