batampos.co.id – Pemerintah terus mengejar target program vaksinasi Covid-19 sesuai sasaran yang ditetapkan. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan mencukupi kebutuhan vaksin, agar program vaksinasinasi terlaksana secara merata di seluruh Indonesia.

“Pemerintah pusat berkomitmen untuk mengakselerasi program vaksinasi ini agar selesai sesuai target yang telah ditentukan. Koordinasi dengan pemerintah daerah terus dilakukan untuk memastikan kebutuhan vaksin dapat dipenuhi secepatnya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Rabu (6/10).

Wiku menuturkan, Indonesia telah menerima kedatangan vaksin yang ke-84 sejumlah 800.229 dosis vaksin Pfizer. Ini merupakan bantuan dari pemerintah Amerika Serikat melalui COVAC Facility. Dengan tambahan dosis ini, total vaksin dan bahan baku telah diterima Pemerintah Indonesia mencapai 276.960.670 dosis.

Sampai hari ini sudah 90.638.945 penduduk Indonesia atau sebesar 45,44 persen dari total sasaran vaksinasi telah mendapatkan vaksin dosis pertama. Sedangkan 53.328.259 penduduk atau sebesar 25,6 persen dari total sasaran vaksinasi telah mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Adapun target total vaksinasi sampai tahap akhir yaitu adalah 208.265.720 penduduk,” papar Wiku.

Dia mengutarakan, dengan terus dipenuhinya kebutuhan vaksinasi, kepada masyarakat yang masuk dalam kategori sasaran vaksin, namun belum divaksin agar dapat mendaftarkan diri ke fasilitas vaksin terdekat agar segera menerima vaksin.

“Sementara bagi masyarakat yang telah divaksin, baik dosis pertama atau kedua harap tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan. Agar dapat melindungi diri sendiri dan orang lain secara maksimal,” tandas Wiku. (*/jpg)