batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan segera mengucurkan anggaran program gerbang kampung sekira Rp 30 juta ke setiap rukun warga (RW).

”Jadi besaran anggaran yang disiapkan sekira Rp 30 juta per RW. Anggaran ini alokasi dari APBDes Perubahan tahun 2021,” ujar Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan setelah melakukan temu wicara dengan masyarakat di Desa Teluk Bakau, Rabu (6/10).

Realisasi tahap pertama, program yang digadangkan pasangan Apri Sujadi dan Roby Kurniawan ketika pilkada kemarin, menurut rencana akan dijalankan di tingkat desa. Sedangkan di tingkat kelurahan terkendala teknis.

”Tingkat kelurahan secara teknis kita masih harus menyesuaikan dengan aturan sistem SIPD terkait kode rekening dan lain-lain,” ungkap Roby.

Roby mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan penggunaan alokasi anggaran program gerbang kampung ke masyarakat. ”Kita harapkan program ini bisa berjalan dulu sambil akan dievaluasi di akhir tahun anggaran,” tukasnya.

Kadis PMD Bintan, Rony Kartika menuturkan pihaknya siap memberikan pendampingan jika ada pihak desa melalui perangkat RW yang bertanya terkait penggunaan alokasi anggaran program gerbang kampung.

”Prinsipnya kita siap untuk memberikan pendampingan kepada perangkat RW melalui pihak desa terkait bagaimana untuk menjalankan alokasi anggaran tersebut,” katanya.

Dikatakannya juga, sosialisasi program telah dilakukan dan beberapa program wajib dan pilihan akan ditawarkan kepada masyarakat seperti program bersih dan sehat ataupun program bina infrastruktur.

Dia juga mengatakan, perangkat RW bisa berdiskusi bersama masyarakat untuk menjalankan kegiatan tersebut dengan gotong royong lingkungan. ”Atau membangun infrastruktur dengan skala per RW di kampungnya,” tukasnya. (*/jpg)