batampos.co.id – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang siapkan layanan vaksinasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang untuk calon penumpang yang belum mendapat vaksinasi kedua atau belum sama sekali.

Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin menjelaskan walaupun tujuan awal untuk pelaku perjalanan, jika ada masyarakat bukan pelaku perjalanan meminta untuk divaksin maka tetap dilayani. Sehingga cakupan vaksinasi dosis I dan II di Kepri bisa seimbang.

”Akhirnya kekebalan kelompok di Kepri bisa terbentuk,” kata Agus, Jumat (8/10).

Petugas KKP, kata Agus, akan mengarahkan calon penumpang yang belum divaksin ke tempat vaksinasi yang disediakan. Jika calon penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis I dan tetap memaksakan untuk berangkat maka diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen.

”Antigen disediakan oleh kimia farma bekerjasama dengan pihak Pelindo,” ujarnya.

Tidak ada penumpang yang tidak bisa berangkat, ada solusi bagi calon penumpang yang belum divaksin ataupun yang memaksa berangkat. Sebelum melewati tahapan yang sudah diatur penumpang belum bisa berangkat ke daerah tujuan.

Sementara itu, jika ada masyarakat yang tidak memiliki aplikasi pedulilindung untuk pemeriksaan sertifikat vaksin maka petugas akan membantu memeriksa secara manual dengan menunjukkan kartu identitas.

”Mereka akan kita bantu dengan syarat negatif dari Covid-19,” tambahnya.

Pemerintah senantiasa memberi kemudahan layanan untuk masyarakat salah satunya mendekatkan pelayanan yang ada agar perekonomian kembali bangkit.

”Kita tetap mengimbau penggunaan protokol kesehatan (protkes) dengan ketat, memakasi masker dengan baik, menghindari kerumunan dan menjaga jaga, membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun,” ucapnya.(*/jpg)