batampos.co.id – Transformasi digital si sektor air bersih sangat penting untuk mempersiapkan masa depan pelayanan air bersih yang lebih canggih. Karena tuntutan akan pemenuhan air bersih kian kompleks di masa mendatang.

Transformasi digital sendiri merujuk pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk melayani pelanggan dan operasional bisnis, dalam hal ini adalah perusahaan air bersih. SPARTA Smart Solution menyediakan solusi bagi transformasi digital perusahaan air bersih.

 Transformasi Digital di Perusahaan Air Bersih 

Melalui transformasi digital, perusahaan air bersih mampu meningkatkan inovasi dan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan bagi pelanggan. Meskipun manajemen dengan sistem konvensional masih banyak diterapkan di perusahaan air bersih di Indonesia, faktanya dunia terus berkembang dengan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu.

Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto tengah menjelaskan tentang teknologi SPARTA Smart Solution kepada perwakilan perusahaan teknologi asal Tiongkok, Huawei. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. Foto: ATB untuk batampos.co.id

Dengan tingginya kebutuhan air bersih di Indonesia, maka dibutuhkan sistem yang lebih canggih pula untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Untuk membantu optimalisasi pelayanan, maka dibutuhkan SPARTA Smart Solution yang terbukti mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan air bersih di Kota Batam.

Keunggulan SPARTA Smart Solution untuk Perusahaan Air Bersih 

Seiring dengan pertumbuhan populasi yang kian meningkat dari waktu ke waktu, kebutuhan air bersih pun kian meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka penerapan teknologi terintegrasi sanagt penting dilakukan, agar layanan air bersih dapat lebih maksimal.

Kehadiran SPARTA Smart Solution adalah pilihan terbaik. Sistem ini membuat tingkat akurasi data lebih tinggi dan setiap wilayah dapat terpantau dengan jelas. Selain itu, data yang diinput pun terintegrasi dan tersimpan dengan aman, sehingga mampu mengurangi risiko kebocoran administrasi.

Tak hanya itu, SPARTA Smart Solution telah terbukti diterapkan di Batam. ATB telah mampu mengatasi berbagai masalah yang kerap muncul dalam pengadaan air bersih. Disisi lain, sistem ini membantu PDAM di daerah-daerah Indonesia agar lebih siap dalam memperluas jangkauannya berkat manajemen yang semakin bagus.

Dipadukan dengan ATB Integrated System (AIRS), teknologi ini mampu menyediakan seluruh data yang berkaitan dengan perusahaan air bersih dan pelanggan. Data tersebut dapat diakses kapanpun melalui aplikasi ini. Setiap masalah yang terjadi pada perusahaan air bersih dapat diatasi pada hari itu juga.

Kesiapan Perusahaan Air Bersih di Indonesia di Era Digital

Hampir semua lini merasakan dampak dari digitalisasi, tak terkecuali perusahaan air bersih. ATB sebagai perusahaan yang mengembangkan SPARTA Smart Solution telah menunjukkan kesiapannya menjadi perusahaan air bersih berkualitas di Indonesia. Berkat penerapan aplikasinya, perusahaan air bersih ini bisa dibilang sebagai pionir dalam digitalisasi di bidangnya.

Mengikuti kinerja gemilangnya yang dapat menekan angka kebocoran hingga 14 persen, sejumlah PDAM di Indonesia pun siap mengimplementasikan teknologi ini. Melalui kecanggihan aplikasi ini, tidak hanya kualitas air bersih yang meningkat, tapi manajemen perusahaan pun diharapkan bisa lebih bagus. (*)