batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, belum mengumumkan nama-nama pejabat baru yang akan dilantik.

Beberapa nama muncul dan digadang-gadang menduduki jabatan strategis, termasuk yang kosong dan saat ini dijabat Pelaksana tugas (Plt).

Rudi mengatakan, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memang akan dikocok atau dimutasi guna memperkuat pelayanan kepada masyarakat dan menyukseskan program pemerintah.

Tidak itu saja, mutasi besar-besaran juga dilakukan mulai dari bawah, seperti lurah, camat, hingga eselon dua atau kepala dinas.

“Dua jabatan eselon dua yang dilelang kemarin sudah selesai. Jadi, tinggal tunggu dilantik saja,” kata Rudi, usai menghadiri musyawarah KORPRI di Swiss-Belhotel, Harbour
Bay, Senin (11/10/2021).

Rudi mengatakan, semua surat rekomendasi untuk mendukung pelantikan sudah terbit. Di antaranya, surat rekomendasi dari KASN dan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Ia menjelaskan, pelantikan sudah boleh dilakukan tujuh bulan usai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi-Amsakar Achmad, ditetapkan sebagai kepala daerah atau tepatnya bulan Oktober ini.

Kendati demikian, mempertimbangkan sistem keuangan dan tanggung jawab anggaran yang sudah berjalan dan akan berakhir 20 Desember mendatang, pihaknya berencana melantik pejabat di lingkungan OPD setelah mereka menyelesaikan tanggung jawab
di OPD mereka masing-masing.

“Kalau diganti sekarang, takutnya tidak bisa menyelesaikan. Makanya tak salah menunggu hingga Desember mendatang,” sebutnya.

Rudi mengungkapkan, persiapan pelantikan terus berjalan, salah satunya pembukaan lelang jabatan eselon dua beberapa waktu lalu.

Rudi berharap, pejabat yang terpilih bisa memberikan dedikasi yang bagus untuk kemajuan Batam.

Adapun, desas-desus pergantian sejumlah pejabat sudah mulai bergulir. Dari informasi yang didapat, beberapa kepala OPD yang akan diganti di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang saat ini dijabat Heryanto Joesoef, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang saat ini dijabat Azril Apriansyah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang saat ini dijabat Ardiwinata, dan sejumlah OPD lainnya.

Sementara itu, pergantian juga dilakukan untuk Kepala Satpol PP Batam yang saat ini dijabat Salim. Ada juga pengisian jabatan yang ditinggal pejabat lama yaitu Dinas Perhubungan dan Sekretaris DPRD Batam yang hampir setahun dijabat pejabat sementara.(jpg)