batampos.co.id – Sebagai upaya memberikan dukungan terhadap dunia vokasi di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) menyiapkan ajang adu kreativitas bagi siswa SMK dalam mengemas pemahaman materi ajar dalam sebuah video pendek.

Dalam Vocational Video Challenge 2021, sebanyak 689 siswa turut membuat konten video menarik tentang apa yang mereka pelajari dari kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Bekerjasama dengan jaringan Main Dealer sepeda motor Honda, seleksi Vocational Video Challenge 2021 dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi di regional seluruh Indonesia hingga penjurian tingkat nasional.

Setidaknya 689 video diseleksi tingkat regional pada 1-30 September 2021 dan terpilih 40 video terbaik yang lanjut ke tahap seleksi tingkat nasional pada 12–15 Oktober 2021.

Video belajar sepeda motor Honda yang dibuat para siswa berdurasi maksimal 10 menit dan terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar dan Reset ECM,
Penyetelan Renggang Valve dan Penggantian V-Belt dan Roler.

Salah seorang peserta melakkukan perbaikan sepeda motor yang digelar AHM pada ajang adu kreativitas bagi siswa SMK. Foto: AHM untuk batampos.co.id

Pembuatan video dilakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda dan peralatan sesuai prosedur
kerja di industri, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dalam pengawasan guru pembimbing di sekolah.

Video kreativitas para peserta dinilai berdasarkan originalitas video, kualitas video, kesesuaian konten video dengan tema yang dipilih dan juga nilai dari sisi cara menyampaikan materi.

Selain itu, penilaian juga dilihat dari sisi penerapan keselamatan kerja dan pengunaan alat dan bahan sesuai peraturan yang berlaku.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa SMK terhadap materi yang mereka pelajari selama masa mandemi ini.

Ajang ini sekaligus memberikan tantangan bagi siswa vokasi agar mereka mampu mengemas sebuah pesan pembelajaran dengan bahasa dan kreativitas ala anak muda.

“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri dalam dunia pendidikan, kami berusaha memberikan wadah yang menarik untuk mendampingi siswa SMK belajar teknik dan bisnis sepeda motor di masa pandemi ini,” katanya.

Ajang itu lanjutnya, bisa menjadi tempat siswa SMK menyalurkan kreativitas dalam mengemas materi belajar yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif.

Manfaatnya kata dia, tidak hanya untuk peserta, tapi bagi seluruh anak vokasi yang ingin belajar teknik dan bisnis sepeda motor melalui video ala milenial.

Untuk dapat ditonton dan dipelajari generasi vokasi di berbagai daerah, video belajar siswa SMK diunggah di media sosial youtube masing-masing sekolah dengan tagar #VVC2021.

Dari beragam video kreatif yang diajukan, dipilih 3 video terbaik dengan total hadiah Juara 1 sebesar Rp5.000.000,-, Juara 2 Rp4.000.000,- Juara 3 sebesar Rp3.000.000,-.

Selain itu akan dipilih satu video terfavorit berdasarkan jumlah viewer terbanyak di kanal youtube masing-masing sekolah
dengan hadiah sebesar Rp2.000.000,-.

Sedangkan bagi para peserta yang berhasil lolos di tingkat
regional akan mendapatkan biaya beasiswa sebesar Rp1.000.000.,-.(*)