batampos.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, Pemko Batam belum membuka pintu pariwisata bagi wisatawan asing pada 14 Oktober ini karena belum ada surat perintah resmi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan.

”Pintu pariwisata Batam belum kita buka karena masih menunggu informasi resmi dari kementerian. Kalau pun ada kota lain yang buka, mungkin karena sudah ada informasi resmi, jadi beda-beda,” kata Ardi kepada Batam Pos, Rabu (13/10).

Dikatakannya, Kota Batam juga tengah berbenah dalam hal apapun, sebagai persiapan jika nantinya pintu pariwisata untuk orang asing sudah dibuka. Berbenah yang dimaksud Ardi, mulai dari adanya pembangunan infraktruktur baru, seperti perbaikan jalan dan lainnya.

”Saat ini Pemko Batam juga banyak berbenah untuk infrastruktur, dengan tujuan mempercantik dan membuat nyaman Kota Batam,” terangnya.

Selain itu, Kota Batam juga tengah membentuk kekebalan komunal dengan mempercepat vaksinasi dan memperketat protokol kesehatan. Tujuannya, agar angka Covid-19 di Batam tidak ada lagi, karena masyarakat sudah memiliki kekebalan tubuh dari Covid-19.

”Jadi, persiapan menyambut wisman ini juga dengan vaksinasi dan protkes. Membentuk kekebalan komunal di masa pandemi ini,” tegas Ardi.

Karena itu, ia berharap masyarakat Kota Batam bisa tetap mematuhi protkes dan mendukung program percepatan vaksinasi. Sehingga ekonomi Batam bisa segera bangkit lagi seperti sebelum pandemi melanda. ”Pariwisata bangkit, tentunya ekonomi juga bangkit. Jadi, mari kita semua bekerja sama memutus mata rantai penyebaran covid,” terangnya. (*/jpg)