batampos.co.id – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Batam mengumumkan bahwa ada enam kecamatan di Batam yang kini berstatus zona hijau atau bebas dari kasus Covid-19. Keenam kecamatan ini adalah; Sekupang, Bulang, Galang, Batuampar, Seibeduk, dan Belakangpadang.

Sementara sisanya enam kecamatan lainnya masih berstatus zona kuning dengan jumlah kasus aktif berkisar antara dua sampai delapan kasus.

”Benar, sudah ada enam kecamatan di Batam zona hijau atau nol kasus aktif,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Covid -19 Batam, dr Didi Kusmarjadi, SPoG, Rabu (13/10).

Kasus aktif tertinggi masih berada di Kecamatan Batuaji dengan delapan orang. Sedangkan kecamatan lainnya seperti Batam Kota empat kasus. Nongsa, Bengkong, Sagulung, dan Lubukbaja masing-masing dua kasus. ”Jumlah keseluruhan kasus aktif saat ini tinggtal 20 kasus,” sebut Didi.

Bila melihat data per kelurahan, sebanyak 52 kelurahan dari 64 kelurahan di Batam zona hijau atau nol kasus. Sedangkan sisanya 12 kelurahan lainnya berzona kuning.

Adapun 14 kelurahan berzona kuning itu adalah, Taman Baloi, Belian, Sungai Langkai, Sungai Binti, Bukit Tempayang, Buliang, Kibing, Batu Besar, Kabil, Lubukbaja Kota, Tanjunguma, dan Bengkong Sadai.

Sepanjang 24 jam terakhir terdapat penambahan tiga orang positif Covid-19 yang sembuh, dengan jumlah keseluruhan pasien sembuh sebanyak 24.952 orang. Sementara itu terdapat penambahan pasien baru satu orang dengan jumlah keseluruhan 25.810 pasien, dan 838 pasien meninggal.

”Hari ini ada tambahan empat pasien sembuh, satu pasien baru dan pasien yang meninggal nol,” tambahnya.

Adapun 20 kasus aktif itu saat ini sebanyak satu orang dirawat di Asrama Haji Batam, 11 orang isolasi mandiri dan delapan orang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19.

Didi menuturkan, capaian vaksinasi di Batam juga terus meningkat, yakni dosis pertama total sudah mencapai 757.365 orang, atau 83,47 persen. Kemudian dosis kedua sudah sebanyak 542.960 orang atau 59,84 persen. (jpg)