Sabtu, 20 April 2024

Indonesia Kembali Terima 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca

Berita Terkait

batampos.co.id – Indonesia menerima kedatangan 688.800 dosis vaksin AstraZeneca bantuan pemerintah Prancis, Rabu (13/10). Vaksin tersebut merupakan kedatangan tahap ke-88 melalui dose-sharing jalur Covax Facilities.

”Sore ini (13/10), telah tiba 688.800 dosis vaksin AstraZeneca sebagai dose-sharing jalur Covax Facilities dari pemerintah Prancis,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dilanisr dari Antara di Jakarta.

Dia menyatakan, dengan kedatangan vaksin itu, total dukungan vaksin Prancis yang telah diterima Indonesia berjumlah 3.852.340 dosis AstraZeneca. Jumlah itu melebihi komitmen awal yaitu 3.000.000 dosis yang disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron, kepada Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus.

”Apresiasi mendalam atas bantuan dan dukungan dari Prancis. Solidaritas dan kerja sama yang kuat menjadi modal utama kita bersama mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Retno.

Dengan kedatangan vaksin dari Prancis itu, jumlah vaksin yang telah tiba di Tanah Air secara total mencapai 281.216.720 dosis. Baik berupa vaksin jadi mau pun masih dalam bahan baku atau bulk.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong menambahkan, pemerintah akan terus bekerja keras guna memenuhi kebutuhan vaksin untuk rakyat Indonesia. Dengan penduduk yang besar upaya untuk melakukan akselerasi vaksinasi akan terus dilakukan.

”Percepatan vaksinasi tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat,” tutur Usman.

Dia juga menekankan, vaksin dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan akan menjadi modal yang kuat bagi Indonesia untuk terus menurunkan angka penyebaran virus Covid-19.

”Oleh karena itu, ayo vaksinasi, dan terus patuhi protokol kesehatan,” ucap Usman.(jpg)

Update