Jumat, 19 April 2024

Bandara Hang Nadim Siap Layani Penerbangan Internasional

Berita Terkait

batampos.co.id – Bandara Internasional Hang Nadim Batam terus berbenah untuk menyiapkan kedatangan dan keberangkatan penerbangan internasional.

Salah satu persiapannya harus memiliki alat TCM (Tes Cepat Molekurel) yang nantinya akan bekerja sama dengan pihak laboratorium, salah satunya dari Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

”Saat ini kami merancang alur masuk dan datang, menyiapkan meja-meja bagi instansi yang bertugas memeriksa calon penumpang. Selain itu, harus ada ruangan pemeriksaan TCM,” kata General Manager BUBU Hang Nadim, Bambang, Senin (18/10/2021).

Ilustrasi. Petugas KKP Kelas I Kota Batam saat memeriksa surat rapid test dan swab test para penumpang yang akan berangkat dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Saat ditanya mengenai penerbangan internasional yang akan dilayani Hang Nadim, Bambang mengatakan bahwa saat ini belum ada penerbangan internasional yang dilayani.

”Tugas kami saat ini mempersiapkan (penerbangan internasional, red). Jadi jika ada nantinya pesawat dari luar negeri masuk atau berangkat melalui Hang Nadim, kami sudah siap. Baik secara sarana atau prasarana,” ucapnya.

Penerbangan internasional, kata Bambang, tergantung dari maskapai, baik dari Indonesia maupun negara lain.

Jika ke depannya ada maskapai yang ingin membuka rute internasional, Hang Nadim sudah siap.

”Kami sediakan tempat, kami siapkan sarana dan prasarannya. Apabila ada yang datang dari 19 negara yang diperbolehkan itu, kami sudah siap,” tuturnya.

Terkait pembahasan alur masuk dan datang penumpang untuk penerbangan internasional, Bambang mengaku saat ini masih diproses.

”Siang ini (kemarin, red) saya ada rapat dengan pihak lain,” ucapnya.

Bambang menyatakan bahwa umrah salah satu target Hang Nadim ke depannya.

Penerbangan umrah sudah dibahas beberapa waktu lalu bersama forum pemberangkatan umrah.

Ia mengatakan, peluang pemberangkatan umrah melalui Hang Nadim terbuka lebar, karena nantinya Hang Nadim menjadi salah satu bandara yang dapat memberangkatkan dan menerima penumpang dari rute internasional.

Selain itu, Arab Saudi juga telah membuka pintu internasionalnya untuk Indonesia.(jpg)

Update