Kamis, 25 April 2024

Di Batam, Pekerja Migran Indonesia yang Positif Covid-19 Bertambah

Berita Terkait

batampos.co.id – Tim gugus tugas penanganan Covid-19 kembali memindahkan empat orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari lokasi karantina Rusunawa di Tanjunguncang ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang karena terkonformasi positif Covid-19, Senin (18/10/2021).

Ini adalah pemindahan yang ketiga kali sejak akhir pekan kemarin. Sebelumnya, ada 19 PMI yang dipindahkan ke RSKI, Jumat (15/10) dan sebanyak 14 orang pada, Minggu (17/10).

Sisa PMI yang menjalani karantina di Rusunawa ada 1.127 pada siang, kemarin. Mereka ini adalah yang tiba dari Malaysia dan Singapura dalam sepekan terakhir.

Sebagian sudah menjalani tes swab kedua dan sebagian baru swab pertama. Untuk empat orang PMI yang dipindahkan terakhir adalah yang positif hasil swab pertama di Pelabuhan Feri Batam Center, Minggu (17/10) lalu.

ā€Belum banyak yang dipulangkan (ke daerah asal) karena masih menunggu hasil swab kedua,ā€ ujar dr Anggitha, petugas medis yang menangani kesehatan para PMI di Rusunawa Tanjunguncang.

PMI yang masih bertahan di lokasi karantina adalah mereka yang pulang sepanjang pekan ini.

Gelombang kepulangan PMI memang cukup tinggi sepanjang pekan ini, sehingga jumlahnya kembali meningkat dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya.

Membeludaknya PMI ini tentu menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan gugus tugas penanganan Covid-19 agar tidak ada lagi cluster baru Covid-19 yang dibawa oleh PMI tersebut.

Para PMI harus menjalani dua kali swab agar hasilnya benar-benar efektif. Jika negatif, maka harus menjalani karantina terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke daerah asal.

Begitu juga jika hasilnya positif, maka harus dirawat di RSKI Galang hingga dinyatakan sembuh.(jpg)

Update