Kamis, 25 April 2024

Peringati Maulid Nabi, Menag Ajak Perkuat Empati

Berita Terkait

batampos.co.id – Mensyukuri lebih indah dilakukan daripada menggali perbedaan. Untuk mensyukuri perbedaan, maka diperlukan empati yang dimiliki masing-masing individu. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 19 Oktober, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, meyakini empati yang ditebarkan pada semua umat, akan memperkuat silaturahmi dan persatuan seluruh umat beragama.

“Empati ini mungkin buat sebagian orang adalah hal yang tidak berarti, tapi dengan empati kita bisa bersatu, bisa saling mengerti, saling memahami dan sekali lagi ini adalah hal yang diajarkan Baginda Rasulullah SAW,” ungkap dia dikutip, Selasa (19/10).

Menag menambahkan, Rasulullah yang dilahirkan pada 12 Rabiul Awal telah memberikan teladan dalam mengelola perbedaan. Ia merupakan pribadi penuh kasih sayang yang mampu merangkul semua yang berbeda dan menempatkan hak-hak asasi sebagai dasar relasi sosial.

“Di bawah kepemimpinannya, kita menyaksikan harmoni Madinah yang begitu indah meski dihadapkan pada keragaman agama, budaya, dan keyakinan,” ujar dia.

Menurutnya, mencontoh akhlak dan jejak kepemimpinan Rasulullah SAW adalah sebuah keniscayaan. Bahkan, para pendahulu bangsa telah meletakkan dasar-dasar berbangsa dan bernegara dengan menempatkan harmoni dan kerukunan sebagai spirit universal yang akan menjaga bangsa Indonesia tetap utuh.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT lebih banyak menganugerahi persamaan. Ia meyakini bahwa perbedaan yang ada jumlahnya lebih sedikit daripada persamaan.

“Spirit Maulid Nabi Muhammad SAW juga seyogyanya menginspirasi kita untuk tak pernah berputus asa memberi yang terbaik untuk bangsa dan negara, selain itu perlu kita ingat bahwa Allah telah menganugerahi kekayaan alam dan budaya dan salah satu cara bersyukur kita adalah merawat kekayaan alam dan budaya itu dengan baik,” pungkas dia. (jpg)

Update