Jumat, 29 Maret 2024

Pushidrosal Lakukan Pemetaan di Laut Natuna Utara

Berita Terkait

batampos.co.id – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) tengah melaksanakan pemetaan bawah laut di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Mereka mengerahkan KRI Rigel-933 untuk melaksanakan operasi survei pemetaan hidrografi dan oseanografi di wilayah perairan yang berbatasan dengan Laut China Selatan itu.

Ketegangan yang belakangan terjadi di Laut China Selatan tidak lantas membuat mereka gentar menjalankan tugas. Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan menyampaikan bahwa survei dan pemetaan bawah laut merupakan tugas utama instansi yang dia pimpin.

“Tugas itu penting karena Pushidrosal bertanggung jawab membuat peta perairan Indonesia. ”Untuk menjamin keselamatan pelayaran,” ujarnya.

Di Laut Natuna Utara, pihaknya melaksanakan operasi survei dan pemetaan untuk memperbarui peta perairan yang sudah ada. Agung memastikan, operasi tersebut berjalan lancar.

”Sekarang KRI Rigel-933 yang menjadi bawahan Pushidrosal melaksanakan survei di sana,” terang perwira tinggi bintang tiga TNI AL itu. Pembaruan peta perairan di Natuna Utara sangat penting sebab wilayah tersebut dilalui banyak kapal. ”Untuk keselamatan navigasi, maka perlu disurvei, di-update data yang paling terakhir,” tambah dia.

Karena itu, KRI Rigel-933 diperintahkan untuk melaksanakan operasi di Laut Natuna Utara. ”Nantinya setelah (pembaruan peta perairan Natuna Utara) jadi, diolah, disebarkan ke seluruh dunia melalui peta laut,” beber Agung.

Bukan hanya untuk kapal-kapal berbendera Indonesia, peta laut itu juga dibutuhkan oleh kapal-kapal asing. Apalagi Laut Natuna Utara juga berbatasan dengan wilayah perairan negara tetangga. Sehingga tidak jarang dilintasi kapal asing.(jpg)

Update