Jumat, 19 April 2024

Di Batam, Tersisa 143.470 Dosis Vaksin

Berita Terkait

batampos.co.id – Capaian vaksinasi Covid-19 sudah mendekati target 100 persen. Hingga kini, vaksinasi mulai dari wilayah hinterland (pulau penyangga) dan mainland (perkotaan), juga terus digesa.

Data terbaru menyebutkan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Batam mencapai 84 persen untuk dosis pertama, dan 65 persen
untuk dosis kedua.

”Dosis kedua sudah semakin banyak dan mendekati capaian dosis pertama. Hal ini merupakan upaya kami dalam mempercepat target capaian vaksin yang rencananya selesai 100 persen November mendatang,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kamis (21/10/2021).

Ia menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi masih digelar di beberapa titik seperti polsek, kelurahan, perumahan, dan digelar pihak swasta lainnya.

Antusias warga untuk mendapatkan vaksin semakin besar, seiring kebijakan dari pemerintah terkait syarat perjalanan baik darat, udara, maupun laut yang mengharuskan masyara kat sudah mendapat vaksin.

”Alhamdulillah, sejauh ini target makin mengecil, dan capaian semakin besar. Sejak pertengahan tahun lalu, target terus dikejar, guna bersiap diri dalam menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman),” ujarnya.

Amsakar menambahkan, upaya untuk mempercepat vaksinasi di kalangan pelajar juga berjalan baik.

Untuk dosis pertama saat ini, sudah mencapai 80,86 persen atau
95,315 pelajar dari target 117.886 orang.

Tim kesehatan masih terus turun untuk menyukseskan vaksinasi ini. Berdasarkan data, total vaksin yang masih ada berjumlah 143.470 dosis.

Mendekati akhir tahun ini, pihaknya terus berupaya mempercepat penyelesaian sasaran vaksinasi ini.

”Sudah hampir satu tahun vaksinasi ini dilaksanakan. Jadi, sudah seharusnya bisa mencapai 100 persen. Tujuannya, agar pembentukan imun tubuh masyarakat Batam jauh lebih baik,” imbuhnya.

Untuk menyambut diberlakukannya Travel Bubble, pemerintah juga melakukan survei kekebalan tubuh warga usai menerima vaksin.

Diharapkan, kekebalan tubuh atau imun masyarakat bisa berada di angka 70-90.

”Harapan kami semua tentu imun tubuh masyarakat Batam tinggi, sehingga bisa menang melawan serangan virus Covid-19,” terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, juga mengatakan tengah menggesa vaksinasi Covid-19.

Tujuannya, agar cakupan merata sehingga segera terbentuk kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat dalam melawan Covid-19.

”Kita ingin Covid-19 ini segera selesai, maka salah satu caranya vaksin harus merata dan masyarakat juga tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.(jpg)

Update