Kamis, 25 April 2024

Penumpang Bandara Hang Nadim Menyusut

Berita Terkait

batampos.co.id – Penerapan aturan baru syarat penerbangan yang efektif diberlakukan pada Minggu (24/10) lalu mulai berdampak pada jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara. Di Bandara Hang Nadim, jumlah penumpang di hari pertama aturan baru langsung menyusut.

”Memang ada penurunan, tapi apakah turun akibat syarat ini. Perlu kajian lebih dalam lagi,” kata Bambang Soepriono, General Manager BUBU Hang Nadim, Senin (25/10).

Bambang menyebutkan, sehari sebelum pelaksanaan aturan baru, tepatnya Sabtu (23/10), jumlah penumpang yang datang dan berangkat sebanyak 7.000 orang. Namun, Minggu (24/10) tercatat penumpang yang berangkat dan datang hanya 6.000 orang.

Saat ditanya prediksi penumpang dalam beberapa hari ke depan dengan penerapan aturan baru ini? Bambang mengaku tidak dapat memprediksinya, karena aturan baru ini sedikit berbeda.

Bambang menyebutkan, syarat PCR berlaku lebih banyak untuk penerbangan dari Batam ke daerah di Jawa dan Bali. Sedangkan daerah lainnya seperti ke Pulau Sumatra dan Kalimantan, masyarakat dapat memilih syarat PCR berlaku 2×24 jam atau antigen berlaku 1×24.

Ia mengakui, jumlah penerbangan ke beberapa rute daerah di Pulau Jawa cukup banyak. Namun, terkait ada potensi penurunan penumpang ini, Bambang mengaku akan melihat beberapa hari ke depan.

”Ke Jawa itu wajib PCR, baik berangkat atau datangnya. Kami nanti akan cek lagi per rute, apakah memang ada penurunan atau tidak,” ujarnya. (*/jpg)

Update