Sabtu, 20 April 2024

Imigrasi Usulkan Kelonggaran untuk Wisman

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejak pintu wisata tujuan Singapura dibuka untuk beberapa negara pada Rabu (27/10/2021) kemarin, aktivitas di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) baik kapal feri yang berangkat maupun yang datang belum terlihat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Suhaili, mengaku menyambut baik dengan dibukanya Singapura untuk warga negara Indonesia (WNI) karena tentu akan meningkatkan kembali pariwisata, khususnya di Kepri.

”Kita tentu menyambut baik, namun saat ini belum ada kapal yang berangkat ataupun
yang masuk dari Singapura ke Tanjungpinang,” kata Irwanto, Kamis (28/10/2021).

Saat ini yang menjadi catatan adalah peraturan yang ditetapkan negara Singapura untuk wisatawan manca negara (wisman) dari Indonesia yaitu harus menjalani karantina selama 10-15 hari sementara durasi wisman yang liburan tidak terlalu lama.

”Ini yang kita usulkan kemarin supaya memberi kelonggaran kalau bisa hanya 5 hari saja karantina, karena wisman ke sana juga tidak lama bahkan ada yang satu hari saja,” ujarnya.

Tidak hanya itu dengan karantina yang cukup lama itu, menurut kepala imigrasi juga
akan memberatkan WNI sebab biaya harus ditanggung sendiri.

Irianto menyakini jika sudah ada kelonggaran untuk perjalanan ke Singapura itu pelayanan paspor tentu akan kembali ramai dan membantu meningkatkan kembali Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kantor Imigrasi Tanjungpinang.

”Kalau sekarang memang pelayanan itu masih belum terlihat geliatnya, tapi nanti
kita yakin akan meningkat lagi,” harapnya.(jpg)

Update