Sabtu, 20 April 2024

Kepri Kembali ke Level 2 PPKM

Berita Terkait

Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (F.HumasPemprov)

batampos.co.id-Capaian vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia) di Provinsi Kepri yang masih jauh dari target, menyebabkan Provinsi Kepri naik ke level 2. Namun Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengklaim sudah di atas target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Berdasarkan asesmen situasi Covid-19 yang dirilis di oleh Kemenkes, terhitung per 27 Oktober levelisasi Covid-19 di Provinsi Kepri mengalami kenaikan dari sebelumnya level 1 menjadi level 2. Dari tujuh kabupaten/kota di Kepri, hanya Kota Tanjungpinang dan Kota Batam yang capaian vaksinasinya di atas 60 persen. Kota Tanjungpinang 75,57 persen dan Kota Batam 61,73 persen.

BACA JUGA: Batam dan Bintan PPKM Level 1, Begini Aturannya

Sedangkan lima kabupaten lainnya masih di bawah 60 persen, yakni Kabupaten Bintan 38,99 persen, Kabupaten Karimun 37,42 persen, Kabupaten Kepulauan Anambas 42 persen, Kabupaten Lingga 40,29 persen dan Kabupaten Natuna 50,44 persen.

“Kondisi tersebut disebabkan oleh capaian vaksinasi lansia di beberapa wilayah Provinsi Kepri yang belum terlalu optimal.
Kemenkes setiap hari melakukan assesmen terhadap situasi dan kondisi daerah dalam penanganan Covid-19. Naik ke level 2 itu, karena vaksinasi lansia itu yang menurut data Kemenkes masih dibawah target,” ujar Gubernur Ansar, Jumat (29/10).

Masih kata Gubernur, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, saat ini capaian vaksinasi lansia secara keseluruhan di Provinsi Kepri sudah mencapai 65 persen. Sementara data di Kemenkes, capaian vaksinasi lansia di Provinsi Kepri baru mencapai 52 persen. Perbedaan data ini yang menjadi penyebab naiknya level tersebut.

“Saat ini kita sedang sisir data-data manual yang belum masuk aplikasi maka diinput. Tapi, kalau memang asumsinya 52 persen pun kita kejarlah supaya bisa mencapai 60 persen lebih,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Moch Bisri mengatakan, ada perubahan atau tidaknya status level di Provinsi Kepri akan disampaikan pada 7 November 2021 mendatang. Menurutnya, saat ini Kabupaten/Kota terus menggesa proses vaksinasi terhadap lansia.

“Kita optimis bisa mengejar vaksinasi terhadap lansia. Jika tidak tercapai beberapa waktu kedepan, konsekuensinya adalah Provinsi Kepri akan mengalami peningkatan ke level,” ujar Bisri menambahkan.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penangana Covid-19 Provinsi Kepri, pertanggal 27 Oktober 2021 lalu, total capaian vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok lansia di Provinsi Kepri untuk dosis pertama sebanyak 57.034 orang (65,46). Kemudian sia target dosis pertama sebanyak 30.094 orang. Sedangkan dosis dua sebanyak 40.351 orang (46,31 persen). (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul

Update