Senin, 7 Oktober 2024

Antisipasi Kejahatan Jalanan dan Balap Liar, Polsek Sekupang Perketat Patroli Malam

Berita Terkait

IMG 20241006 WA0007 e1728265896262
Polisi mengangkut sepeda motor yang menggunakan knalpot brong saat kegiatan Cipta Kondisi (Cipkon) Sabtu (5/10) malam.

batampos – Polsek Sekupang memperketat patroli malam melalui kegiatan Cipta Kondisi (Cipkon) Sabtu (5/10) malam. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap maraknya kejahatan jalanan, premanisme, dan balap liar yang meresahkan masyarakat.

Kegiatan berlangsung dari pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sebanyak 10 personel Polsek Sekupang dan tiga personel dari Polsek KKP terlibat dalam operasi ini.

“Kegiatan Cipkon ini bertujuan untuk mencegah potensi kejahatan yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya di malam hari. Kami berfokus pada lokasi-lokasi yang rawan terjadi tindak kriminalitas,” ujar Wakapolsek Sekupang Iptu Yuli Endra di sela kegiatan.

Baca Juga: Kejari Batam Tunggu Berkas Penyidikan Dugaan Penyelundupan 500 Ribu Batang Rokok

Selama patroli, petugas tak hanya memantau situasi, tetapi juga aktif memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Mereka membubarkan kelompok remaja yang berkumpul hingga larut malam dan meminta mereka segera pulang untuk menghindari potensi kejahatan maupun terlibat balap liar.

“Kami juga menyampaikan himbauan kepada warga agar segera melaporkan kepada polisi jika melihat hal-hal mencurigakan, terutama terkait kejahatan jalanan seperti jambret dan pecah kaca mobil,” tambah Iptu Yuli Endra.

Salah satu fokus utama kegiatan Cipkon ini adalah mengatasi gangguan ketertiban dari kendaraan yang menggunakan knalpot brong. Dalam operasi ini, petugas mengamankan empat sepeda motor yang diduga terlibat balap liar.

“Knalpot brong seringkali menjadi keluhan warga karena bising dan mengganggu kenyamanan. Kami akan menindak tegas kendaraan yang tidak sesuai aturan dan berpotensi mengganggu ketertiban umum,” tegas Iptu Yuli Endra.

Baca Juga: Cegah Kriminalitas, Kapolresta Diminta Aktifkan FKPM

Patroli Cipkon ini dilaksanakan di beberapa titik rawan di Sekupang, seperti Jalan Protokol Temiang, Taman Kolam Sekupang, Komplek Pasar Tiban Center, dan Marina City. Dengan rutinitas patroli yang intensif, Polsek Sekupang berharap dapat menciptakan situasi yang lebih aman dan kondusif di wilayah tersebut.

Kapolsek Sekupang, Kompol Benhur Gultom, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari implementasi program Kapolri untuk menciptakan keamanan yang prediktif dan responsif. “Kami akan terus mengintensifkan kegiatan Cipkon ini untuk menjaga keamanan di wilayah Sekupang dan mencegah kejahatan sejak dini,” ungkapnya.

Patroli yang selesai pada pukul 23.00 WIB tersebut berjalan aman dan terkendali tanpa ada insiden berarti. Pihak kepolisian memastikan akan terus meningkatkan patroli guna menjaga keamanan masyarakat. (*)

 

Reporter: Rengga Yuliandra

Update