batampos.co.id – Maskapai penerbangan asal Malaysia, Air Asia menawarkan beberapa kompensasi penumpang jika ingin membatalkan penerbangan. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka meminimalisasi penyebaran virus korona Covid-19 di Indonesia.
“Terkait hal ini kami baru saja mengeluarkan imbauan untuk penumpang yang terdampak pembatasan perjalanan dikarenakan Covid-19,” kata Juru Bicara Air Asia, Selasa (17/3).
Kompensasi diberikan akibat pembatalan penerbangan langsung maupun pembatalan sukarela ke destinasi tertentu dikarenakan situasi wabah virus korona Covid-19. Pihaknya menawarkan kompensasi berupa pengubahan jadwal atau akun kredit kepada calon penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan internasional ke atau dari Malaysia.
“Namun hal itu hanya untuk pemesanan sebelum tanggal 16 Maret 2020 dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020,” ujarnya.
Sementara, untuk Singapura dan Australia hanya untuk pemesanan sebelum tanggal 7 Maret 2020 dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020. Calon penumpang yang ingin mendapat informasi terkait pembatasan perjalanan oleh berbagai negara, dipersilakan merujuk pada daftar yang tertera di website.
“Daftar pembatasan perjalanan tersebut akan diperbarui dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Setiap calon penumpang diimbau untuk merujuk kepada arahan pemerintah dan otoritas masing-masing negara sebelum memutuskan untuk bepergian,” imbuhnya.
Bagi tamu yang memiliki tiket penerbangan internasional dengan tujuan atau dari Tiongkok, Hongkong, Makau, Taiwan, Jepang dan Korea dapat mengajukan pembatalan sukarela dengan kompensasi pengubahan jadwal atau akun kredit. Ketentuannya, kompensasi hanya untuk pemesanan sebelum tanggal 7 Maret 2020 dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020.
Aturan dalam pengubahan jadwal, hanya satu kali kesempatan untuk mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lain dalam rentang waktu 180 hari kalender dari jadwal keberangkatan awal tanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi.
Sedangkan melalui akun kredit, mendapat deposit senilai pemesanan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya ke mana saja dengan masa berlaku 365 hari sejak diterbitkan.
“Jadwal keberangkatan tidak terbatas selama pemesanan dilakukan sebelum habis masa berlaku. Silakan merujuk pada Covid-19 Refund Request Guide untuk informasi mengenai persyaratan dan cara mengajukan pengembalian dana,” jelasnya.
Penawaran kompensasi tersebut hanya berlaku untuk pemesanan melalui airasia.com. Untuk pemesanan yang dilakukan melalui agen group booking atau agen perjalanan, pihaknya mengimbau agar menghubungi agen masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.
Pihaknya menginformasikan, saat ini fasilitas bantuan AVA sedang mengalami lonjakan permintaan dan pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melayani semua pelanggan. “Kami tengah memprioritaskan layanan bantuan untuk calon penumpang dengan penerbangan dalam waktu dekat,” katanya.(jpg)