Jamin Keamanan Penumpang dan Operator, Bus Trans Batam Dikawal Satgas Organda

864
Pesona Indonesia
Suci, pelajar SMK di Batuaji bersama temannya saat menumpang Bus Trans Batam. Foto: Eusebius Sara/ Batam Pos
Suci, pelajar SMK di Batuaji bersama temannya saat menumpang Bus Trans Batam. Foto: Eusebius Sara/ Batam Pos

batampos.co.id – Warga Batam yang biasa menggunakan transportasi umum bus Trans Batam boleh bernapas lega. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam resmi mengembalikan jadwal jam operasional bus Trans Batam, Selasa (3/5), yakni melayani mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Bahkan, untuk menjamin keamanan penumpang dan petugas disiagakan personel Satuan Tugas (Satgas) Organisasi Angkutan Darat (Organda).

”Sudah normal (jam operasional bus Trans Batam) mulai pagi tadi (kemarin). Semua bus pun sudah beroperasi normal,” kata Kepala Operasional Perum Damri Batam, Johanes Ken, kemarin.

Pengembalian jadwal operasional bus Trans Batam tersebut sesuai dengan instruksi Wali Kota Batam, Rudi untuk mengakomodir permintaan warga akan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan murah.

Johanes menyebutkan, Trans Batam sudah melayani lima koridor. Yaitu koridor satu jurusan Sekupang-Batamcenter sebanyak 12 bus, koridor dua Batuaji-Batamcenter 10 bus, koridor tiga Jodoh-Sekupang 6 bus, koridor empat untuk trayek anak sekolah di hinterland (Pulau Galang dan sekitarnya) sebanyak lima bus, koridor lima Jodoh-Batamcenter dan koridor enam Tanjungpiayu-Batamcenter masing-masing enam bus.

”Setiap koridor kita cadangkan dua bus. Misalnya di koridor satu dari 12 bus, hanya 10 bus yang beroperasi, sedangkan dua kita cadangkan,” kata Johanes.

Johanes menuturkan, kembalinya jadwal operasional Trans Batam seperti semula bisa diterima semua pihak. Sebab, ini kebijakan pemerintah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kota Batam. ”Jadi jangan ada lagi intervensi ataupun intimidasi lagi ke depannya,” harapnya.

Selain itu, sambung Johanes, dalam memaksimalkan pelayanan dan menjamin keamanan penumpang dan petugas operator bus Trans Batam, Perum Damri Batam selaku pengelola mempercayai Satgas Organda untuk mengawal operasional Trans Batam. ”Sekarang juga ada tim pengaman dari Satgas Organda. Mereka akan mobile mengawasi pergerakan anggota kami di lapangan,” sebutnya.

Sementara itu, pantauan koran Batam Pos (grup batampos.co,.id), hari pertama pengembalian jam operasional ke jadwal normal tampak puluhan pelajar dan pekerja langsung berjubel dalam bus Trans Batam.

”Saya mungkin orang pertama yang naik bus Trans Batam pagi ini (kemarin). Biasanya naik angkot, tapi karena Trans Batam sudah beroperasi sejak pagi jadi naik Trans Batam saja. Bayar cuman Rp 2 ribu, sudah gitu nyaman di dalam bus,” kata Suci, pelajar SMK di Batuaji.

Begitu juga dengan Helda, pekerja di Mukakuning yang tinggal di Batuaji. Dia mengaku pengembalian operasional Bus Trans Batam sangat membantu. ”Bagus banget. Bisa cepat sampai tujuan, karena tak lama ngetem untuk nunggu penumpang penuh,” kata Helda. (eja/cr14)

Baca juga:

> Ini Akar Masalah Sopir Bus Trans Batam dan Angkutan Kota Sering Bentrok
> Sopir Bus Trans Batam Diintimidasi Sopir Angkot, Kapolres: Pemko Jangan hanya Bisa Salahkan Polisi
> Wali Kota Batam: Dua Kali Anak Buah Saya Digebukin Tak Ada Tindakan dari Polisi
> Sopir Bus Trans Batam Dianiaya, Dewan Minta Polisi Jangan Lepas Tangan

Respon Anda?

komentar