batampos.co.id – Hal tersisa dari Opening Ceremony Asian Games 2018 yang masih jadi bahan perbincangan ialah adegan Presiden Joko Widodo tampil mengendarai motor.

Iklan

Dalam video tersebut Presiden Jokowi digantikan oleh pemeran pengganti atau stuntman asal Thailand.

Sutradara Film Dilan 1990 Fajar Bustomi justru mengira ide Jokowi menggunakan sepeda motor sebagai upaya mendukung program ganjil genap. Sebab seorang Presiden tentu menggunakan mobil RI 1 sedangkan saat Opening Ceremony merupakan tanggal genap.

“Ah saya pikir Pak Jokowi mendukung program ganjil genap makanya pakai motor, kan pas pembukaan tanggalnya genap, sementara mobil Pak Jokowi kan ganjil,” katanya tertawa kepada JawaPos.com, Minggu (19/8).

Menurut Fajar, penampilan Jokowi dengan digantikan oleh stuntman adalah hal yang wajar bukan berlebihan. Dia mencontohkan contoh kasus lainnya dengan cara yang sama di ajang perhelatan olahraga lainnya.

Seperti saat Olimpiade, Ratu Inggris pernah meniru film James Bond.

“Ratu Inggris seolah meniru film James Bond terjun payung juga pakai stuntman. Dan itu dikemas oleh sutradaranya film James Bond,” katanya.

Fajar yakin di tangan orang-orang hebat dan kreatif di balik perhelatan Opening Ceremony Asian Games 2018 pasti juga akan menutupnya nanti ketika Closing Ceremony dengan sesuatu persembahan yang indah. Saat ditanya ide lainnya yang mungkin saja bisa dilakukan Presiden Jokowi selain naik motor sport, ini jawaban Fajar.

“Sebetulnya bisa saja kan mencerminkan yang bernuansa Indonesia misalnya naik Pak Jokowi kereta, enggak harus melulu action. Tapi secara keseluruhan opening ceremony kemarin menghibur banget,” tandasnya.

Suddum So saat beraksi sebagai stuntman Presiden Joko Widodo di Opening Ceremony Asian Games 2018. (Instagram)

Stuntman Presiden Jokowi diperankan oleh rider asal Thailand bernama Suddum. Dalam akun Instagram-nya, Suddum So menjelaskan bahwa dirinya memerankan peran Presiden Jokowi saat berkendara. Bahkan mengunggah foto di balik pembuatan video tersebut.

“Behind The Scenes,” katanya singkat dalam caption foto sepeda motor yang membuatnya nampak terbang.

Hal itu langsung menuai komentar beragam dari netizen. Ada yang mengucapkan selamat karena terpilih memerankan sosok Presiden Jokowi dan banyak juga yang berdecak kagum.

Di akun Instagram-nya, rupanya bukan kali pertama bagi Suddum So memerankan stuntman di atas motor. Dia memang terlihat gemar dan hobi naik motor sport dalam setiap kesempatan. Aktor stuntman ganteng itu juga kerap kali mengunggah foto-foto keluarganya dan kegiatan syutingnya sebagai stuntman.

Dalam foto tersebut, tertulis video itu diunggah pada 3 Agustus lalu. Sehingga video itu sudah dipersiapkan sejak lama. Tampak Motor Yamaha FZ1 yang ditungganginya digantung dengan tali sehingga nampak terbang.

Kemudian saat Jokowi tiba di panggung Opening Ceremony Asian Games 2018, ayah tiga anak itu menghadap ke penonton dan disambut riuh tepuk tangan. Sehingga seolah-olah Presiden Jokowi benar-benar pengendara motor tersebut dan membuka acara dengan sepeda motor Yamaha FZ1 milik Paspamres.

(ika/JPC)