Garis polisi dipasang di depan pintu kamar kos NK. Foto: Dalil Harapap/batampos.co.idbatampos.co.id – NK, ibu pasangan bayi kembar yang ditemukan tak bernyawa di kos-kosan di kawasan Batuaji, Selasa (14/5/2019) lalu, masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Kota Batam.

Loading...

Wanita 24 tahun itu belum bisa dimintai keterangan oleh polisi, sebab kondisi kesehatannya belum membaik. Dia alami pendarahan dan lemas usai melahirkan sendiri dua bayi kembarnya tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Batuaji, Iptu Melky Sihombing. mengatakan, penyelidikan saat ini masih sebatas visum dan autopsi jasad kedua bayi di rumah sakit Bhayangkara dan pemeriksaan saksi-saksi.

Sementara pemeriksaan saksi kunci yakni NK, masih menunggu waktu yang tepat. “Untuk sementara belum ada tersangka karena saksi kunci belum diperiksa. Saksi kunci ini ibu kedua korban, dia masih dirawat di rumah sakit,” katanya.

Berdasarkan keterangan awal dari saksi-saksi yang diperiksa polisi, kematian bayi kembar itu diduga karena ada unsur pembiaran usai melahirkan. Dalam arti, setelah dilahirkan kedua bayi tidak mendapat perawatan dan penanganan yang tepat sehingga tidak bisa bertahan hidup. Baca Juga: Bayi Kembar Meninggal Dunia Usai Dilahirkan

Apalagi saat dilahirkan kondisi kedua bayi sangat kecil dari ukuran bayi normal pada umumnya. “Saat lahir kemungkinan masih hidup bayi-bayi itu. Tapi karena tak ada penangangan medis makanya tak bertahan. Ini masih dugaan awal karena pastinya masih nunggu hasil visum dan otopsi,” kata Melky.

Kenapa bisa dibiarkan begitu saja usai melahirkan?. Melky menjelaskan, usai melahirkan sang ibu langsung terlukai lemas. Dia baru sadar saat menjelang malam sementara bayi-bayi tersebut lahir pada pukul 10.00 WIB.

Saat sadar itu ternyata bayi-bayinya sudah meninggal. Dia kemudian membungkus kedua bayi seadanya dan diletakan begitu saja di dalam kamar kosannya dan di dalam ember di kamar mandi.

“Dia melahirkan sendiri tanpa bantuan orang lain. Itu karena kemungkinan dia malu karena hamil sebelum nikah. Pacarnya sudah kabur sejak September lalu,” pungkasnya.(eja)

Loading...