Kamis, 25 April 2024

KM Bukit Raya Mulai Beroperasi 26 Mei

Berita Terkait

Kapal Bukit Raya. foto : batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, jadwal operasi KM Bukit Raya mengalami perubahan. Namun, dipastikan tetap melayani mudik Lebaran.

”Jadwalnya sudah dipastikan mulai beroperasi 26 Mei mendatang. Rencana awalnya 15 Mei, tapi ada perubahan,” kata Iskandar, Kamis (15/5).

Dikatakan Iskandar, untuk transportasi mudik jalur laut, masyarakat sudah dapat menggunakan alternatif selain KM Bukit Raya. Ini setelah empat Kapal Sabuk Nusantara sudah beroperasi. Empat kapal perintis tersebut tetap melayani jalur ke Natuna.

”Mudik Lebaran jalur laut, masih memiliki alternatif lain, selain KM Bukit Raya, ada empat kapal perintis, tentunya singgah di pelabuhan Pelni dan pulau-pulau,” jelasnya.

Masyarakat yang berencana mudik Lebaran tahun ini tidak perlu cemas. Pasalnya, kata Iskandar, Pemkab Natuna akan berupaya me­ngantisipasi terjadinya lonjakan penumpang mudik khususnya jalur laut.

”Secara posisinya, angkutan utama di Natuna adalah di laut untuk arus mudik. Terutama masyarakat Natuna yang berada di luar daerah. Jika kondisinya mendesak, kapal dinas Pemda juga membantu arus mudik Lebaran.”

Seperti diketahui, belum beroperasinya kapal Pelni KM Bukit Raya pasca kerusakan mesin beberapa bulan lalu, kini warga di Natuna yang hendak mudik mulai cemas. Ini dikarenakan warga lebih banyak memilih kapal ukuran besar dibanding kapal perintis rute jauh. (arn)

Update