batampos.co.id – Penjangkauan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam pada Kamis (16/5/2019) malam lalu, nampaknya belum memberi efek jera. Hal itu tergambar dari kembali terlihatnya PMKS di salah satu kawasan di sekitar Nagoya, Kecamatan Lubukbaja, Selasa (21/5/2019).

PMKS yang teridentifikasi adalah pengemis dan masih berusia anak-anak ini terlihat beraktivitas di ruas jalan ke arah menuju pusat perbelanjaan Nagoya Hill. Ia terlihat mengitari kendaraan yang berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah.

Mengenakan baju berwarna ungu dengan kombinasi biru, anak perempuan yang berusia sekitar sembilan tahun itu terlihat memegang kaleng yang dijadikan wadah untuk menerima pemberian dari pengendara.


Seorang anak yang diduga PMKS saat berada di traffic light sekitaran Nagoya, Kota Batam. Foto: Bobi/batampos.co.id

Ia terlihat santai berjalan menuju pintu-pintu mobil kendaraan yang berhenti tersebut, para pengendara sepeda motor yang juga menunggu lampu hijau menyala juga tak luput dari aksinya tersebut. Baca Juga: Dinas Sosial Menduga PMKS di Batam Memiliki Jaringan di Kota Batam

Hal serupa juga ditemui di kawasan Masjid Agung Batam (MAB), dimana seorang bocah perempuan juga terlihat beraktivitas menjajakan koran di ruas jalan yang tepat berada berseberangan dengan MAB ini.

Wajahnya terlihat cemberut di sela dirinya menjajakan koran kepada pengendara yang menunggu lampu hijau menyala. “Kayaknya dia ngambek pas disuruh jual koran sama orangtuanya, dia cemberut gitu sambil jualan,” kata seorang pengendara berinisial S, 26, yang juga melihat anak perempuan tersebut sekitar pukul 10.00 WIB.

Tetap hadirnya PMKS ini, menjadi catatan tersendiri buat Dinsos Kota Batam. Dimana sebelumnya Sekretaris Dinsos Kota Batam, Leo Putra, mengaku akan terus melakukan pengawasan terhadap kemunculan PMKS ini. Baca Juga: Wujudkan Kota Wisata, Dinas Sosial Amankan 35 PMKS

Dinsos, kata Leo sejatinya terus melakukan pengawasan, melakukan penjangkauan hingga lima kali setiap bulannya. Pada momen bulan puasa ini, Dinsos, kata Leo terus akan meningkatkan pengawasan dan penjangkauan terhadap PMKS yang masih berkeliaran di sejumlah titik, khususnya di kawasan lampu merah di jalan-jalan utama di Batam.(bbi)

Loading...