batampos.co.id – Wali Kota aktif Rudi, sejauh ini masih menjadi figur yang dianggap mempunyai peluang paling besar untuk kembali terpilih menjadi Wali Kota Batam untuk kedua kalinya.

Tetapi saat ini ada beberapa figur yang dianggap layak untuk menjadi calon wakilnya selain Amsakar Ahmad. Salah satunya adalah ketua PWI Provinsi Kepri, Candra Ibrahim, tokoh muda dari kalangan profesional.

Praktisi hukum dan akademisi Markus Gunawan, mengatakan, Muhammad Rudi sangat layak untuk melanjutkan periode keduanya menjadi orang nomor satu di Batam.

Direktur Utama Batam Pos yang juga Ketua PWI Provinsi Kepri, Candra Ibrahim. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Yang menarik justru siapa yang akan mendampingi beliau sebagai wakil wali kota. Pak Amsakar memang yang paling berpeluang, tetapi banyak juga tokoh lain yang mungkin sangat pantas mendampingi beliau,” katanya, Rabu (12/6/2019).

Menurut Markus, birokrat sangat memungkinkan untuk tetap digandeng. Bisa saja anggota DPRD Batam atau DPRD Kepri terpilih, karena sudah jelas mempunyai basis massa.

“Tetapi yang paling menarik menurut saya adalah munculnya nama bung Candra Ibrahim. Katanya dia untuk Pilkada Natuna. Kalau saya pribadi mengatakan, beliau lebih cocok mengabdi untuk Batam,” katanya. Baca Juga: Lukita Dinarsyah Tuwo Digadang-gadangkan Menjadi Calon Wali Kota Batam

Nama-nama tersebut menurut Markus bisa menjadi referensi bagi Rudi dalam memilih kandidat wakilnya. Di mana semakin banyak kandidat akan semakin bagus. “Jadi nantinya yang terpilih adalah yang paling baik di antara yang baik,” katanya.

Sementara itu ketua DPC PKB Kota Batam, Jefri Simanjuntak, mengatakan, saat ini sudah banyak figur yang memang layak untuk dimajukan dalam Pilkada 2020 mendatang.

Bukan hanya dari kalangan internal partai tapi juga dari profesional. Menurutnya, semakin banyak calon maka akan semakin bagus. Baca Juga: Kepri Siap Pilkada Serentak

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, sudah banyak calon yang berpotensi. Dan dari PKB sendiri, siapa yang muda dan punya visi yang jelas akan tetap kita tampung,”katanya.

Ia mengakui bahwa nama Candra Ibrahim memang sudah mencuat dalam beberapa minggu belakangan. Direktur Utama Batam Pos tersebut menurutnya berpeluang dicalonkan oleh semua partai termasuk PKB.

“Tergantung bung Candra berkoordinasi dengan partai mana nantinya. Kalau dari internal kami ada beberapa figur yang layak untuk dimajukan, dan Candra menurut kami layak diperhitungkan. Nah semua figur ini akan kita saring,” katanya.

Menurut Jefri, Batam memang sudah seharusnya dipimpin anak muda yang energik. Yang masih bisa dan mau capek bekerja untuk kepentingan masyarakat. “Kalau kita maunya harus tetap yang muda,” katanya.(ian)