batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meminta tanaman penghijauan yang mati untuk segera diganti. Pemko Batam kata dia, terus berupaya untuk mempercantik jalan.

Salah satunya dengan mendirikan lampu hias dan menanam pohon yang sekaligus berfungsi untuk penghijauan. Karena itu kata dia, tanaman juga harus bagus dan tumbuh terawat.

”Lampu hias kalau tak dibarengi dengan taman yang bagus kan tidak indah. Pohon yang mati cepat ganti, saya sudah bilang sama Disperkimtan (Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan),” katanya, Selasa (11/6/2019) sore.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata (kanan) ikut memupuk tanaman peneduh di median Jalan Raja Ali Haji, Jodoh, Selasa (11/6). Foto: Disdbudpar Batam untuk Batam Pos

Di waktu yang sama, pimpinan dan pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam ikut memupuk tanaman pada lokasi yang berbeda. Baca Juga: Wisata Hemat di Perkotaan

Salah satunya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata. Ardiwinata beserta jajarannya memupuk tanaman ketapang kencana di median Jalan Raja Ali Haji, dari arah Hotel Planet Holiday Jodoh hingga The Hills Hotel Nagoya.

”Ini upaya kita agar tanaman ini tumbuh subur sehingga bisa mempercantik estetika kota sekaligus meneduhkan lingkungan sekitarnya,” kata Ardiwinata.

Kepala Disperkimtan Kota Batam, Eryudi, mengatakan Pemko Batam saat ini terus gencar menanam kembali pohon-pohon di pinggir jalan yang sebelumnya terkena dampak pelebaran jalan.

Dengan demikian, diharapkan Kota Batam kembali hijau dan memiliki lingkungan yang sehat. ”Pak Wali Kota (Muhammad Rudi) memang konsen untuk menghijaukan kembali jalanan Batam,” ujarnya.

Sejatinya, kata dia setiap OPD telah diberikan tanggung jawab untuk merawat tanaman di Batam. Hal ini diarahkan langsung wali kota untuk dijalankan sehingga Batam semakin asri.(iza)