batampos.co.id – Nama mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo semakin mengemuka sebagai salah satu calon kuat untuk bursa pemilihan Wali Kota Batam pada 2020 mendatang.

Lukita juga dikabarkan akan kembali ke Kota Batam pada awal Juli nanti. “Ia akan berdialog dengan sejumlah pengusaha di Batam mengenai road map pembangunan Batam,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam, Jadi Rajagukguk, Kamis (13/6/2019).

Jadi yang mengklaim sebagai tim sukses Lukita, mengatakan, setelah acara tersebut, Lukita kemungkinan akan berkonsolidasi dengan partai politik (parpol) di Kota Batam.

Lukita Dinarsyah Tuwo. Foto: Cecep Mulyana / batampos

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Wamen PPN) itu juga direncakanan akan meresmikan Lukitacentre yang merupakan wadah diskusi ekonomi di Batam.

Baca Juga: Lukita Dinarsyah Tuwo Digadang-gadangkan Menjadi Calon Wali Kota Batam

Lukita kata Jadi, juga mulai menyapa warga Batam melalui videotron di Simpang Martabak Har, Simpang Jam, Simpang Kalista dan lainnnya.

“Kami akan berkomunikasi dengan semua parpol. Saya kira mereka (parpol,red) punya kriteria, syarat dan barometer yang diperlukan. Lukita memenuhi ekspektasi tersebut,” ungkapnya.

Untuk kapabilitas, Lukita memenuhi persyaratan. Tapi popularitas masih perlu ditingkatkan, terutama di kalangan masyarakat umum. “Selama menjadi Kepala BP, memang beliau sibuk berkutat dengan urusan investasi. Sehingga mungkin belum terlalu kenal sepenuhnya dengan masyarakat Batam,” tuturnya.

Tapi, menurut Jadi, hal itu bukan kendala utama. Lukita merupakan pribadi yang komunikatif. Sehingga akan lebih cepat menyatu dengan masyarakat Kota Batam.

“Program-programnya dulu selain mengutamakan investasi, juga mengutamakan ekonomi kerakyatan. Tentu masih ingat, dulu ramai bazar dan even pariwisata yang melibatkan peran serta masyarakat,” paparnya.

Diantara visi yang akan dibawa Lukita nanti, Jadi menuturkan bahwa ekonomi rakyat tetap diutamakan. Baca Juga: Ada Pak Lukita di Videotron Menyapa Warga Batam

“Fokus meningkatkan kompetensi pekerja untuk mengurangi pengangguran dengan memberdayakan Balai Latihan Kerja (BLK). Dan tentu saja kepastian hukum untuk berinvestasi,” jelasnya lagi.

Seluruh program yang dirancang Lukita, lanjutnya tentu saja akan melewati diskusi dengan stakeholder terkait. Seperti pengusaha dan masyarakat, sama seperti yang dilakukannya saat menjabat sebagai Kepala BP Batam dulu.

Saat ini, Lukita sudah mengambil cuti tanpa tanggungan selama setahun dan menyatakan akan pensiun dini dari aparatur sipil negara. Selain itu, menurut isu yang beredar, ia juga dikabarkan sudah merapat ke partai politik.

Jikalau karir politknya nanti kurang moncer, ia masih bisa berkontribusi karena Lukita juga dikabarkan masuk dalam rencana kabinet Nawacita 2 Presiden Jokowi.(leo)