Rabu, 24 April 2024

Wali Kota Batam: Semua Kami Usahakan Dapat Sekolah

Berita Terkait

batampos.co.id – Kebijakan penambahan rombongan belajar (Rombel) untuk menampung tamatan SD sederajat yang sebelumnya tidak lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPD) di SMP negeri, ternyata tidak berlaku untuk semua sekolah.

SMP Negeri 3 Batam misalnya, tidak ada lagi penambahan rombel karena kapasitasnya sudah penuh. Anak-anak yang tak tertampung dialihkan ke sekolah lain yang menambah rombel.

”Semua kami usahakan dapat sekolah. Tapi tidak di SMPN 3 Batam ini karena di sini sudah maksimal. Jadi siswa yang tidak tertampung di Kecamatan Sekupang ini akan ditampung di lima SMP negeri yang ada,” ujar Wali Kota Batam Muhammad Rudi, saat menemui orang tua siswa di SMPN 3 Batam, Jumat (14/6/2019).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, ketika menemui para orang tua siswa yang anaknya tidak lolos seleksi PPDB Online. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan (Disdik) sudah menjalankan sistem PPDB sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Karena sistem zonasi, jadi pergeseran saat pendaftaran itu bisa terjadi.

Baca Juga: Ini Perbandingan Kuota Siswa dan Pendaftar PPDB SMP Negeri di Kota Batam

”Jarak yang paling dekat pasti diterima. Jadi dimana pun nanti ditempatkan orang tua harus legowo menerima. Nanti akan dipetakan lagi sekolah mana yang terdekat,” ujarnya.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, mengatakan, berdasarkan data yang diterima dari hasil laporan yang dibuka beberapa hari lalu, ada 1.800 lebih siswa yang tidak tertampung di Kota Batam.

Jumlah ini belum dikurangi dengan kebijakan yang dikeluarkan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Ia menyebutkan memang tak semua sekolah menambah rombel, tapi nyaris semua sekolah menambah.

Baca Juga: PPDB SMA Tunggu Juknis Disdik Pemprov Kepri

”Maksimal kan sebelas ruangan. Jadi kalau kurang dari 11 masih boleh nambah rombel,” ujarnya. Ia mencontohkan di Kecamatan Sekupang. usai PPDB terdapat sedikitnya 368 siswa yang tidak tertampung. Nanti akan dipetakan dan dipilihkan sekolah mana yang akan mereka tempati.

”Tadi rapat juga dihadiri kepala sekolah SMP Negeri yang ada di wilayah Sekupang. Mereka nanti akan menerima nama-nama siswa yang akan mereka terima di sekolahnya,” katanya. Sementara di SMPN 3 Batam tidak ada penambahan rombel, namun akan menambah siswa per kelasnya menjadi 40 sorang.(yui/eja)

Update