Sabtu, 20 April 2024

Tergiur Bisnis Online, Tabungan Rp 15 Juta Lenyap

Berita Terkait

batampos.co.id – Penipuan online via media sosial kembali memakan korban. Apes kali ini dialami Dika seorang gadis di Sagulung.

Wanita 24 tahun ini kehilangan uang Rp 15 juta setelah diperdayai oleh pelaku penipuan bisnis online yang dijumpai di lama Facebook.

Informasi yang diperoleh batampos.co.id, untuk meyakinkan korban, pelaku mulanya meminta pertemanan dengan korban dalam akun Facebook.

Setelah berteman, pelaku memosting berbagai produk elektronik seperti televisi, ponsel dan lain sebagainya dengan menyertai keterangan teks bahwa penjualan yang dilakukan adalah bisnis yang menguntungkan tanpa harus bekerja.

Baca Juga: Waspada Modus Baru Penipuan

Terperdaya dengan modus tersebut, Dika akhirnya melanjutkan percakapan via Whatsapp dengan pelaku. Dika akhirnya diperdaya habis-habisan.

Ilustrasi

Dia menuruti permintaan pelaku untuk transfer uang senilai Rp 15 juta ke dua rekening yang berbeda.

Transaksi dilakukan di salah satu ATM di kawasan SP Plaza, Minggu (22/6/2019).

“Setelah tranfer, whatsapp dan facebook saya diblokir sampai sekarang,” ujarnya.

Wanita yang baru saja putus kontrak di salah satu perusahaan elektonik di Mukakuning itu, baru tersadar dirinya diperdayai setelah uang miliknya berpindah ke rekening pelaku.

Dika akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Sagulung. Namun Dika, diarahkan ke Mapolresta Barelang. Karena kejahatan cyber crime dan ahli IT di Polresta Barelang yang dapat mendalami kasusnya.

“Resi transfer masih saya simpan. Nomor rekening yang saya transfer yakni Bank BRI atas nama Eka Risky 5316 0102 2464533 dan Bank BRI atas nama Muhammad Alhadi
54 760102 3239 539,”ujarnya.(eja)

Update