batampos.co.id –  Ketua Komite Eropa-Rusia Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Osco Olfriady Letungamu, bertemu dengan Wakil Ketua III DPRD Batam Helmy Hemilton, Jumat (12/7). Pertemuan itu memberikan masukan potensi-potensi kerja sama antara Batam dengan investor Eropa-Rusia.

Dikatakan Osco, Batam yang letaknya sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia, Thailand. Menjadikan kota ini makin ‘seksi’ dan banyak dilirik investor Eropa-Rusia.



”Kita harus bisa memanfaatkan Kota Batam yang lokasinya strategis, Batam dipandang sebagai daerah yang seksi,” ucap Osco di hadapan Helmy.

Dalam pertemuan tersebut, Osco memaparkan beberapa peluang akan adanya investor yang berniat berinvestasi di Indonesia.

Dikatakannya, Komite Eropa-Rusia tidak hanya fokus kepada memasarkan produk anggotanya ke wilayah Eropa dan Rusia saja.

Namun juga menawarkan diri untuk siap menjadi partner lokal bagi pengusaha Rusia yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Ketua Komite Eropa-Rusia Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Osco Olfriady Letungamu (kiri) bertemu dengan Wakil Ketua III DPRD Batam Helmy Hemilton, Jumat (12/7/2019). Foto: Iman Wachyudi/batampos.co.id

“Dengan bekerja sama denngan pengusaha lokal, kita dapat mempercepat pengusaha Rusia untuk integrasi pada kebudayaan bisnis di Indonesia serta etos kerja orang Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Investor Kakap yang akan Masuk Batam

Osco mengungkapkan, salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan dan menarik investor Eropa-Rusia ialah berinvestasi di bidang kesehatan.

Misalnya, dengan membangun rumah sakit (RS) berkelas internasional.

”Yang saya lihat potensi di Batam sangat bagus, kenapa kita tidak bisa khususnya di Batam buat rumah sakit berskala internasional,” ucapnya.

Kata dia, sebagai daerah perbatasan langsung dengan negara tetangga, berbagai sektor lainnya juga bisa dimanfaatkan. Seperti sektor pariwisata dengan mendatangkan turis asing dari negara Eropa-Rusia.

Baca Juga: BP Batam Optimis Sejumlah Investor Baru Akan Hadir Gantikan PT Unisem dan Foster

”Kita sekarang sudah mencapai perjanjian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership (IEU-CEPA), kerja sama di segala bidang,” ucapnya.

Sementara itu, Helmy Hemilton, mengatakan, usulan tersebut sangat menarik bagi perkembangan iklim investasi di Kota Batam.

Khususnya menyambut pengusaha dari Eropa dan Rusia dalam rangka membangun Kota Batam.

”Ide ini dan investor Eropa-Rusia merupakan angin segar bagi kita dan harus diwujudkan demi kepentingan bersama,” kata Helmy.

Ketika ditanya apakah bisa mewujudkan konsep kerja sama tersebut di sisa waktunya sebagai Wakil Ketua DPRD Batam? Secara politis Helmy menjawab bahwa mewujudkan mimpi tersebut tidak hanya melalui legislatif, tapi bisa juga melalui perjuangan lain.

”Untuk berbakti bukan hanya kita duduk di parlemen saja, tapi setelah purna tugas saya tetap berbakti untuk masyarakat,” ujarnya.(iwa)

Loading...