batampos.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Hari Suprayogi, dan Plt Gubernur Kepri, Isdianto, akan meresmikan Waduk Sungai Gong, Kota Batam, Jumat (19/7/2019) hari ini.

Waduk Sei Gong ini menjadi salah satu waduk terbesar di Provinsi Kepri. Berikut beberapa fakta terkait waduk yang terletak di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang itu.

Dam Sei Gong. Dokumentasi: batampos.co.id

1. Proyek Strategis Nasional

Pembangunan Waduk Sei Gong merupakan satu dari 65 proyek bendungan yang digarap oleh pemerintah. Dari 65 proyek bendungan yang dibangun pemerintah tersebut, 16 di antaranya merupakan proyek lanjutan dan 49 lainnya merupakan proyek baru.

Proyek bendungan Sei Gong ini merupakan program strategis nasional dari pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kala melalui kementrian PUPR tahun tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Bendungan Sei Gong Rampung

2. Mendukung Pemenuhan Air Baku Batam

Kebutuhan air baku di Batam pada 2020 mendatang diperkirakan mencapai 4.500 liter per detik, saat ini masih ada kekurangan sekitar 750 liter per detik.

Dengan kapasitas bendungan Sei Gong yang mencapai 400 liter per detik, jika nantinya beroperasi maka akan menyisakan kekurangan sebanya 350 liter per detik saja.

3. Dikerjakan Selama 1.440 Hari Kerja Dengan Biaya Rp238 Miliar

Proyek waduk Sei Gong, dipercayakan kepada PT Wijaya Karya (Wika) dan PT Sukses Krida Utam-KSO, selaku pihak pemenang tender dengan konsultan pengawas PT Virama Karya (Persero) Tbk.

Pada prosesnya waktu pengerjaan waduk ini selama 1.440 hari, dengan anggaran Rp 238,44 miliar.

4. Tipe Waduk Urungan Tanah

Waduk Sei Gong memiliki ukuran panjang 280 meter dan tinggi 12 meter. Adapun tipe waduk ini berjenis waduk urungan tanah.

Waduk Sei Gong ini memiliki luas genangan air 355,99 hektar dengan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik.(bbi)