batampos.co.idDinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam kembali mengusulkan penambahan perangkat komputer untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun depan.

Kepala Disdik Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan, tahun depan ditargetkan seluruh SMPN sudah bisa menggelar UNBK.

Untuk itu, pihaknya akan mencoba mengusulkan penambahan komputer yang akan diserahkan kepada sekolah.

”Kalau kebutuhan tentu masih banyak, tahun depan sekolah yang ikut UN semakin bertambah,” kata dia, Jumat (26/7/2019).

Baca Juga: Ketahuan Curang Saat Ikuti UNBK, 126 Siswa Diberi Nilai Nol

“Beberapa sekolah yang tahun ini belum UN kemungkinan tahun depan mulai,” jelasnya lagi.

Hendri, saat ini masih mendata total SMPN yang membutuhkan bantuan komputer. Menurutnya, pengajuan mungkin tidak jauh berbeda dari tahun lalu yaitu 200 unit komputer dan 50 server.

Sekolah yang menjadi prioritas adalah sekolah yang jumlah komputernya masih sangat sedikit dan sekolah baru yang akan mengikuti UN.

Siswa SMPN 42 Batam mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia saat UNBK 2019 yang digelar pada Senin (22/4) lalu. Disdik Batam mengusulkan penambahan komputer untuk beberapa sekolah guna menunjang penyelenggaraan UNBK tahun depan. Foto: Cecep Mulyana/batam pos.co.id

Tahun ini, pihaknya sudah mendistribusikan komputer kepada 25 SMPN, baik di hinterland maupun mainland.

”Kemarin SMPN yang di Belakangpadang sudah kami berikan bantuan,” paparnya.

“Saat ini, hinterland masih menggunakan kertas, tahun depan kami harapkan bisa UNBK jika jaringan mendukung,” ujarnya lagi.

Baca Juga: UNBK SMP Gunakan Laptop Pinjaman

Ia menyebutkan, penambahan komputer ini akan diusulkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020.

Menurutnya, selain pembangunan sekolah, peningkatan infrastruktur untuk menunjang sistem pembelajaran juga diprioritaskan.

”Sesuai dengan ketersediaan anggaran juga. Kami melihat apa yang paling urgen itulah yang akan kamu upayakan untuk disetujui,” paparnya.

Hendri menambahkan, sesuai dengan target dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tahun depan seluruh sekolah sudah harus bisa UNBK. Khusus untuk Batam, saat ini pelaksanaan sudah 70 persen lebih.

”Sisanya akan dituntaskan tahun depan. UNBK juga menghemat penggunaan kertas ke depannya,” ujar pria kelahiran Dabo itu.(yui)