Selasa, 23 April 2024

Jangan Lupa Pakai Masker Ya, Karena Kabut Asap Bisa Merusak Paru-Paru

Berita Terkait

batampos.co.id – Kabut asap kiriman akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di sejumlah daerah di Kalimantan dan Sumatera terus menyelimuti Batam, Minggu (15/9/2019).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mengimbau warga mengnakan masker, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

“Kabut asap ini bisa menyebabkan kita sulit bernapas, batuk, merusak paru-paru dan buruk di mata akibat asap,” kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Minggu (15/9/2019).

Dinkes Batam sendiri telah membagikan 6.000 masker gratis bagi warga Batam. Pembagian masker ini akan terus dilanjutkan jika kualitas udara di Batam terus memburuk.

Baca Juga: Syukurlah, Asap Tak Pengaruhi Arus Wisatawan ke Kota Batam

Selain mengenakan masker, Didi mengimbau warga Batam mengurangi aktivitas di luar ruangan. Hal ini agar terhindar dari paparan asap yang bisa mengganggu kesehatan.

“Ini sebagai upaya dini melindungi diri,” katanya.

Sejumlah kapal feri melintas di perairan Batam Centre di tengah kepungan asap tebal, Minggu (15/9/2019). Meski cukup pekat, kabut asap ini dinilai belum mengganggu aktivitas penerbangan dan pelayaran di Batam. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Didi menjelaskan, dampak kabut asap bagi kesehatan sangat beragam. Mulai dari iritasi lokal pada mata, selaput lendir di hidung, hingga mulut dan tenggorokan.

Selain itu bisa menyebabkan reaksi alergi, peradangan, hingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dan yang paling berat menjadi pneumonia atau radang paru.

Baca Juga: Kabut Asap Kian Menebal, Jumlah Wisatawan Berkurang di Marina

Lebih lanjut Didi menjelaskan, cara pemakaian masker yang benar adalah sisi warna putih berada di dalam, sementara bagian warna biru di luar.

“Apapun kondisinya, tetap yang berwana putih di bagian dalam,” tegas Didi.

Menurut dia, masker yang ada di pasarkan sudah memiliki ketentuan standar tersendiri. Bagian bewarna putih di dalam karena memiliki bahan yang lembut sehingga saat digunakan tak menyebabkan kulit pengguna lecet.

Sedangkan bagian luar dibuat lebih kasar untuk menyaring partikel debu. Sementara itu, kabut asap yang menyelimuti Batam mulai berdampak pada sektor pariwisata.(she)

Update