batampos.co.id – Lantaran tersandung kasus narkoba, seluruh Indonesia kini sudah mengetahui secara sah bahwa Lucinta Luna sejatinya adalah seorang pria bernama Muhammad Fatah. Selama ini, pelantun ‘Jom Jom Manjalita’ itu selalu mengatakan bahwa ia adalah seorang perempuan tulen sejak lahir.

Identitas asli Lucinta terbongkar setelah polisi sempat mengungkap terdapat perbedaan gender yang tertera di KTP dan paspor Lucinta. Melalui pengacaranya, Milano Lubis, Lucinta mengaku kesal hal ini akhirnya bocor ke publik.

“Jelas lah itu (kesal, Red). Salah satu yang dia sesalkan ya itu,” ucap Milano Lubis dalam jumpa pers di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Dalam kesempatan itu, Milano memastikan bahwa jenis kelamin Lucinta Luna sekarang ini adalah perempuan sesuai adanya surat putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait pergantian jenis kelamin. “Yang jelas status dari Lucinta Luna adalah perempuan. Saya nggak ngerti dari pihak sana dapatnya seperti apa. Kita pertanyakan juga kenapa harus dibandingkan dengan paspor dan segala macam, itu mestinya tidak bisa,” tuturnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan mereka telah memutus permohonan penggantian status gender dan nama dari Lucinta Luna. Kasus ini tercatata dengan nomor perkara 1230/Pdt.P/2019/PN JKT.SEL tertanggal 26 November 2019.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Achmad Guntur mengatakan, dalam putusan, hakim mengabulkan perubahan nama Lucinta dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri. Status gender dari laki-laki menjadi perempuan juga ikut dikabulkan.

Seperti diketahui, Lucinta Luna kini berstatus tersangka dugaan penyahgunaan narkoba. Transgender yang beberapa kali ganti nama itu diamankan petugas kepolisian bidang narkoba dari Polres Metro Jakarta Barat di apartemennya di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat pada 11 Februaru 2020 sekitar pukul 01.30 WIB.

Dari hasil penggeledahan, polisi menemukan barang bukti narkoba berupa 3 butir pil ekstasi, 5 butir pil riklona dan 7 butir tramadol. Barang bukti tersebut ditemukan petugas kepolisian di tong sampah.(jpg)