26.7 C
Batam
Senin, 11 Desember 2017

DJ Maya Chan Siap Menghibur Lagi

Amnah Fitria Mona, Si Cantik Suka Bikin Kue

Shanta Gustini Senang Difoto sejak Kecil

Gosip

Buah Bibir Gosip

Ahmad Dhani Tersangka

Ahmad Dhani. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Musisi Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian di media sosial Twitter.

Statusnya dinaikan menjadi tersangka setelah Polres Metro Jakarta Selatan melakukan gelar perkara pada Kamis, (23/11) lalu.

Pelapor Ahmad Dhani dalam kasus ini, Jack Lapian mengatakan hal itu. “Iya sudah tsk (tersangka) sejak dilakukan gelar perkara,” kata Jack saat dikonfirmasi, Selasa (28/11).

Dhani rencananya akan diperiksa sebagai tersangka untuk pertama kali dalam kasus ini pada Kamis (30/11) mendatang. “Kamis ini katanya Ahmad Dhani dipanggil,” ungkapnya.

Tekait hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono membenarkannya.

“Iya benar, Ahmad Dhani tersangka,” ujar Argo.

Sebelumnya diketahui, Dhani dilaporkan ke polisi lantaran status di akun media sosial Twitternya, @AHMADDHANIPRAST, pada Jumat, (6/3) lalu. Dhani membuat status yang berisi tentang penista agama dan dianggap menghasut serta penuh kebencian terhadap pendukung Ahok.

“Ini laporannya terkait Twitter Ahmad Dhani. Di sini sudah saya print dan yang paling berat adalah, ‘Siapa saja yg dukung Penista Agama adalah Bajingan yg perlu di ludahi muka nya‘ dan dia selalu buat di belakangnya ADP, artinya itu langsung dari tangan dia sendiri,” kata Jack Lapian dari organisasi relawan Basuki-Djarot BTP Network di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Kamis, (9/3) lalu.

Tak hanya itu, dia juga menyebut ada beberapa status Twitter Ahmad Dhani yang dianggap menyebarkan unsur kebencian dan permusuhan. Usai dilaporkan, suami Mulan Jameela ini pun sempat meminta maaf.

Laporan ini diterima Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/ 1192/ III/ 2017/ PMJ/ Dit Reskrimsus. Atas laporan ini, Dhani dijerat pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 tahun 2016 tentang ITE yaitu menyebarkan informasi untuk menimbulkan kebencian.

Namun dalam prosesnya, laporan ini dilimpahkan ke Polres Jakarta Selatan. Pelimpahan kasus tersebut dengan alasan untuk mempercepat penanganan laporan kliennya. Sebab, banyak perkara lain yang tengah ditangani penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Polisi sendiri telah meningkatkan status penyelidikan kasus itu ke tahap penyidikan. Peningkatan status itu disahkan pada 14 Juli 2017 dengan mengirim surat pemberitahuan dimulainya penyidikan kepada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. (cr5/JPC)

Cindy Yoeland Violita Rela Jauh dari Keluarga

batampos.co.id – Jauh dari keluarga untuk pekerjaan bukanlah hal yang baru bagi perempuan yang memiliki nama Cindy Yoeland Violita ini. Bekerja sebagai salah seorang yang bertanggung jawab terhadap tanaman yang ada di Kebun Raya Batam tentu merupakan tantangan tersendiri baginya.

“Saya bersama dua rekan lainnya bertugas sejak Februari lalu, bersama kami berusaha mengembangkan tanaman yang ada di KRB,” kata perempuan kelahiran Pasuruan, Lampung Selatan 1993 silam ini.

Demi memenuhi koleksi di KRB, bersama dengan tim yang diutus langsung dari Kebun Raya Bogor mengelilingi Kepri untuk mendapatkan tanaman yang cocok dan menjadi icon KRB.

“Ya dari perjalan itu kami mendapatkan tanaman kantung semar sebagai tumbuhan asli Kepri yang menjadi icon di KRB,” jelas Pendamping Kebun Raya Batam_Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini.

“Selain itu kami juga memperbanyak tanaman dg cara generatif ataupun vegetatif,” sebut puteri dari pasangan Harianto Ts. Anang S.E & Etia Rozati ini.

Perempuan yang menamatkan pendidikan di Universitas Lampung ini menambahkan sangat senang bisa membantu mengembangkan KRB menjadi salah satu tempat pilihan berlibur baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Ya kami optimis KRB akan jadi sesuatu yang bisa dibanggakan masyarakat Batam,” tambahnya. (cr17)

Via Vallen Buka Toko Roti


foto: Ari Purnomo/Jawapos.com

batampos.co.id – Woho…. pedangdung Via Vallen memiliki gerai roti Vallens Cake yang ia diresmikan pada Senin (13/11), lalu.

Gerai pertama ia buka di Solo, Jawa Tengah.

Via Vallen mempunyai alasan tersendiri kenapa memilih Kota Solo untuk gerai roti pertamanya. Menurut penyanyi kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 itu, Solo sudah seperti rumah keduanya. Sehingga, dirinya pun seperti mempunyai ikatan batin dengan Kota Bengawan.

“Basis fans terbesar Via itu di sini (Solo), dan Via kerja di Solo sejak tahun 2009, yakni di THR Sriwedari,” ungkap pemilik nama asli Maulidi Octavia ini usai meresmikan gerai rotinya, Senin (13/11) siang.

Terbukti, warga Solo, Jawa Tengah, ratusan Vianisti (sebutan untuk fans Via Vallen) dari berbagai kota di Indonesia pun rela berbondong-bondong untuk menghadiri peresmian gerai milik pedangdut Via Vallen.

Antrean panjang pembeli pun terlihat setelah Via Vallen secara langsung meresmikan gerai roti pertamanya tersebut. Gerai roti ini menghadirkan sejumlah menu roti yang mungkin belum ada di Kota Solo.

Keunikan dari roti-roti di Vallens Cake adalah namanya. Pedangdut dengan nama asli Maulidia Octavia itu memang sengaja memberi nama roti sesuai dengan judul-judul lagunya.

Seperti secawan pandan, taro lovers, sawangan cheese dan strawberry kepolen. Nama kepolen diambil dari judul lagunya yakni Kimcil Kepolen.

“Kepolen ini kan artinya terlalu, jadi strawberry kepolen ini berarti rasanya strawberry banget,” terang Via kepada JawaPos.com saat peluncuran gerai rotinya di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Senin (13/11).

Selain itu, masih ada beberapa menu roti lainnya. Seperti Melonisty yang diambil dari nama sebutan fans Via Vallen, yakni Vianisti. Kemudian ada juga Via Choco yang merupakan panggilan dara kelahiran 1991 itu.

Via Vallen berharap berbagai pilihan rasa di gerai rotinya bisa diterima oleh warga Solo dan sekitarnya.

“Semoga gerai ini bisa ramai pembeli dan bisa membantu mengurangi angka pengangguran karena mereka berkesempatan untuk bekerja di sini,” katanya.

Soal harga, setiap rasa berbeda-beda. Tetapi untuk satu rasa harganya di kisaran Rp 50.000.

Selain menu roti, ada keunikan lain yang dihadirkan Via Vallen saat peresmian gerainya. Via ditandu oleh sejumlah orang saat mendatangi gerai. Beberapa bodyguard tampak mengawal ketat pedangdut kelahiran Surabaya 26 tahun silam itu.

Di barisan depan ada sejumlah pasukan Keraton Kasunanan Surakarta berseragam lengkap.

“Ini idenya tim dari Vallens Cake, saya sebenarnya takut ketinggian. Tetapi ini seru juga sih,” cetus Via. (apl/ce1/JPC)

Sophia Latjuba Berusia 47 Tahun Sophia Latjuba masih Memikat

foto: instagram

Meski usianya sudah 47 tahun, Sophia Latjuba masih terlihat cantik. Tak heran jika Ariel Noah kepincut dengan ibunda Eva Celia.

Bisa menjaga bentuk tubuhnya, Sophia mengaku melakukan gaya hidup sehat.

“Saya percaya kalau gaya hidup sehat itu adalah investasi. Kita makan nutrisi tinggi, itu membuat saya enggak khawatir lagi,” kata Sophia Latjuba di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11).

Salah satu bentuk pola hidup sehat yang dilakukannya dengan melakukan diet vegan. Seperti diketahui, diet vegan merupakan jenis diet vegetarian yang tak mendonsumsi daging, telur, serta produk hewani.

Sophia mengaku mendapat banyak manfaat dari diet vegan yang dijalaninya sejak beberapa bulan terakhir.

“Beberapa bulan ini saya diet vegan. Bukan untuk kurus, melainkan mengatur makan-makan kita. Enggak makan binatang yang bernapas begitu, dan enggak minum susu karena itu pun dari binatang,” ucap janda Indra Lesmana ini.

“Selama jadi vegan, saya merasa lebih enak dan energinya dua kali lipat,” tutur Sophia Latjuba. (mg7/jpg)

Duit Nikita Mirzani Miliar Rupiah untuk Sekali Pemotretan

Nikita saat berpose topless. (instagram Nikita Mirzani.)

Nikita Mirzani, diminta untuk menjadi model di majalah Playboy terbitan Filipina. Mendapat tawaran menggiurkan itu, Nikita yang saat ini berstatus janda dua anak itu tanpa ragu menerima tawaran yang kabarnya mendapat bayaran yang fantastis.

Nikita mengklaim dibayar miliaran rupiah untuk sekali pemotretan. “Dibayar mahal lah. Kalau nggak mahal, gue mana mau. Ada miliaran, sekali pemotretan,” ujar Nikita saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

Menurut, artis yang badanya dipenuhi sejumlah tato itu, dirinya sudah membuat kesepakatan antara manajemennya dengan majalah Playboy Filipina.

“Udah,” ucapnya sambil tertawa.

Namun, wanita karib disapa Niki itu belum tahu pasti kapan pastinya dia akan menjalani pemotretan. Tapi, artis yang pernah terseret masalah prostitusi artis ini berjanji akan mengabarkan hal itu nanti di media sosialnya.

“Belum, kita meeting dulu. Kalau mau foto sama orang luar tuh ada prosesnya nggak langsung jebret gitu. Entar gue taruh di Instagram dah,” tandasnya. (dms/JPC)

Memahami Makna Serangkaian Pernikahan Kahiyang – Bobby

Bobby bersama Kahiyang (instagram)

Hari ini, rangkaian pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution digelar. Ada serangkaian upacara adat yang dilakukan.

Kedua mempelai serta Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, bakal menjalani prosesi bleketepe dan midodareni.

Hal ini sebagaimana pernah dilakukan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Prosesi dalam pernikahan adat Jawa ini menjadi simbol sakral dengan sejuta makna. Berikut adalah arti dan filosofi dua prosesi itu sebagaimana JawaPos.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Bleketepe

Bleketepe adalah pemasangan daun kelapa yang masih hijau dan dianyam. Bleketepe memiliki makna perwujudan simbol kesucian para dewa di kahyangan yang dinamakan Bale Katapi.

Sedangkan Bale mempunyai arti tempat, kemudian Katapi mempunyai makna membersihkan dan serta memilahkan kotoran-kotoran untuk kemudian di buang.

Siapapun yang diundang dan juga masuk dikelilingi Bleketepe serta mengikuti upacara yang dilaksanakan tersebut maka akan bersih lahir batin.

Sehingga harapannya semua yang terlibat di dalam upacara perkawinan memancarkan nur atau cahaya, yang disimbolkan dengan adanya pemasangan janur ataupun daun kelapa muda di area upacara pernikahan tersebut.

Pemasangan Bleketepe ini dimaksudkan untuk tolak bala dari marabahaya. Bleketepe ini dilakukan oleh orang tua pengantin pada awal pemasangan Tarub.

2. Midodareni

Adalah salah satu rangkaian prosesi adat Jawa di malam hari. Pada malam itu pengantin pria datang ke rumah pengantin putri atau disebut dengan ‘Njonggol’ atau menampakkan diri.

Menurut pernikahan adat jawa, Midodareni adalah sebuah prosesi menjelang acara panggih dan akad nikah.

Midodareni sendiri berasal dari kata widodari yang dalam bahasa Jawa bermakna bidadari.
Sehingga dipercaya pada malam nanti para bidadari dari khayangan turun ke bumi dan mempercantik Kahiyang Ayu sebagai calon mempelai.

Berbagai tahapan midodareni juga terdiri dari banyak prosesi. Berikut penjelasannya:

– Jonggolan

Jonggolan adalah sowannya calon mempelai pria ke rumah calon mempelai wanita untuk bertemu dengan orang tua dari calon mempelai perempuan yang kelak akan menjadi mertuanya.

Prosesi ini akan dilakukam Bobby Nasution sebagai simbol kemantapan hati untuk menikahi Kahiyang Ayu.

– Tantingan

Setelah calon pengantin pria datang menunjukkan kemantapan hatinya dan diterima niatnya oleh keluarga calon pengantin perempuan, maka pada malam midodareni calon pengantin perempuan hanya diperbolehkan berada di dalam kamar pengantin.

– Pembacaan dan Penyerahan Catur Wedha

Pembacaan catur wedha adalah pembacaan empat wejangan untuk mengarungi rumah tangga yang dibacakan oleh ayah dan ibu mempelai wanita, kepada calon mempelai pria.

– Wilujengan Majemukan

Acara midodareni ditutup dengan acara Wilujengan Majemukan yaitu acara bertemunya kedua orang tua calon pengantin, yang bermakna kerelaan keduanya untuk saling berbesanan.

Sebagai simbol dengan menyerahkan angsul-angsul atau oleh-oleh berupa makanan untuk dibawa pulang kepada keluarga calon mempelai pria. (ika/JPC)

Ayushita Nugraha Penasaran Pasar Karetan

foto: instagram

Aktris dan penyanyi Ayushita Nugraha penasaran. Ia akan mendatangi Pasar Karetan yang ada di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (5/11) pagi.

Apa yang membuat Ayushita tertarik Pasar Karetan? Ternyata karena konsep pasar yang diterapkan komunitas netizen yang concern di sektor pariwisata ini dianggapnya sangat kreatif. Apalagi basisnya offline dan online. Terlebih, Ayushita sendiri juga memiliki bisnis toko online barang-barang eksklusif.

“Saya melihat Pasar Karetan ini sudah trending topic di medsos berhari-hari. Saya lihat foto-fotonya juga menarik. Saya penasaran banget ingin lihat langsung Pasar Karetan ini,” ujar Ayushita, Sabtu (4/11).

Menurut pemilik akun twitter @ayushitaaa ini, Pasar Karetan merupakan ide yang sangat unik dan kekinian. Konsepnya sangat anak muda dan Instagrameble. Perpaduannya digarap sangat menarik. Konsepnya dikolaborasikan dengan gaya anak muda milenial dan masyarakat lokal yang penuh tradisi.

“Ini benar-benar unik. Bisa memadukan market offline dan online. Buyers dan sellers bisa berkumpul di satu tempat yang sangat digital lifestyle. Ini akan bermanfaat bagi yang punya bisnis online shop seperti saya,” kata Ayushita.

Pemilik 500 ribu follower ini juga mengaku penasaran dengan aneka kuliner yang dijajakan di Pasar Karetan. Menurutnya, akan menjadi sensasi luar biasa saat ada sedikitnya 33 menu pilihan kuliner dan aneka jenis kopi bisa dinikmati di satu tempat.

“Pasar Karetan ini bakal menjadi tempat favorit bagi anak muda yang gemar foto-foto di spot yang bagus. Atau foto-foto selfie dengan aneka kuliner yang banyak jenisnya. Bakal menyesal deh kalau sampe gak datang ke Pasar Karetan,” ucap personil BBB ini.

Nah, bagi yang penasaran, Pasar Karetan Radja Pendapa ini akan dihidupkan setiap Minggu pagi pukul 06.00 sampai 11.00 WIB. Pasar ini didesain untuk orang bersantai, berhari Minggu, berlibur bersama keluarga, sahabat, handai tolan, karib, termasuk friends dan followers-nya. Pengunjung akan menyusuri hutan karet di pagi hari. Kiri kanan pohon karet yang masih aktif disadap. Melewati pematang sawah yang kalau difoto bernuansa hujau. Ada 1001 titik selfie yang antimainstream menunggu di sana.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono menambahkan, untuk membuat Pasar Karetan ini lebih menarik lagi, GenPI Jateng juga sudah menyiapkan aneka permainan dan olahraga. Salah satunya trekking, dengan jarak tempuh 2,5 km, 5 km dan 10 km. “Sangat menarik bisa trekking di hutan karet dengan hawa yang sejuk. Pemandu trekking-nya masyarakat lokal, bersama GenPI,” kata Don Kardono.

Soal kuliner yang bakal ditampilkan di Pasar Karetan Radja Pendapa, dijamin bakal bikin selera makan bergelora. Mulai Gendar Pecel, Bandeng Cabut duri, Nasi Jagung, Urap Mangrove, Buntil, Dawet Sukun, Klepon, Ketan Kincow, Stik Mangrove dan Rujak ada situ.

Kemudian Soto Pandanaran, Gudeg Wijilan, Cumi bakar, Mangut mrengut, Bakso, Nasi + lontong pecel, Lontong Opor, Nasi Tengkleng, Gemblong goreng, Getuk goreng, gatot, tiwul, Nasi Bakar karetan Batagor, Nasi campur Bali dan aneka minuman segar dan kopi juga menunggu di sana.

“Minum kopi di hutan karet, di udara bebas, sambil melihat hijau alam yang asri, itu seru. Karena minum kopi itu bukan sekedar pelepas dahaga. Tapi lebih ke menemukan suasana, teste dan persabatan. Karena itu ada istilah kopi darat!” ungkap Don Kardono.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty juga ikut terbius dengan pesona Pasar Karetan. Saking tertariknya, wanita berkerudung itu bakal ikutan hadir di Pasar Karetan Radja Pendapa. “Iya, saya akan terbang ke Semarang. Saya ngin mencicipi kulinernya, melihat kreasi anak-anak muda GenPI, yang mengubah tempat biasa menjadi luar biasa. Menciptakan atraksi wisata baru buat masyarakat Semarang dan Kendal,” kata Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai, Pasar Karetan ini beda dengan pasar-pasar zaman dulu, yang hanya membutuhkan lapak, tempat menata barang dagangan, bertemulah pembeli dan penjual. Pasar Karetan ini pasar penuh aturan. “Karena aturan itu sendiri sudah unik dan bisa diceritakan di media sosial,” kata Arief Yahya.

Digital lifestyle itu, kata Menpar Arief Yahya, harus interaktif, berbasis online, bercerita dengan video, gambar, sedikit text, viral alias dari HP ke HP. Bukan lagi dari mulut ke mulut, karena “mulut” mereka adalah gadget, signal, dan wifi.

“Bagus, konsep Pasar Karetan ini! Silakan datang Minggu Pagi 5 November 2017,” ajak Menpar Arief Yahya. (*)

 

DJ Cleo, Si Peramu Lagu

batampos.co.id – Menyukai musik, umum dirasakan setiap orang. Tapi memilih untuk menjadikan dunia musik ke dalam sebuah profesi, masih tidak seramai penyuka musik. Seperti Ratna Siska yang sedari kecil gemar kesenian terutama musik, membawanya menjadi seorang disc jockey (DJ).

Wanita kelahiran Bandung, 1995 ini, merambah dunia DJ sejak 2014 lalu. Meski terbilang baru, Ratna dengan nama panggungnya DJ Cleo ini cukup digemari karena kelihaiannya memainkan rekaman musik pilihannya.

“Dari SMP mulai senang dengan musik-musik DJ. Terus mulai belajar otodidak. Tamat SMA ketemu orang yang dianggap guru untuk nge-DJ, yang membuat saya memilih berprofesi sebagai DJ,” ujar Cleo.

Ia mengaku, untuk mengembangkan karirnya Cleo sengaja datang ke Batam mengingat cukup tingginya kunjungan wisman.

“Biasanya yang suka musik DJ orang luar. Selain itu, di sini (Batam) saya nyaman dengan masyarakatnya yang ramah,” ungkapnya yang saat ini menjadi DJ tetap di 21 lama.

Dalam membawakan lagu-lagunya, DJ Cleo cenderung memainkan musik aransemen yang dibuat dari gurunya, DJ Thriza Harun, DJ ternama Bandung yang juga pernah tampil di Batam. Umumnya lagu-lagu tersebut tidak dimiliki DJ lain yang ada di Batam.

“Kebanyakan lagunya, lagu barat. Karena hanya saya yang bawa, jadi terkesan ada ciri khas sendiri, dan diterima baik oleh pengunjung,” papar DJ berambut panjang tersebut.

Bahkan, tak jarang DJ Cleo diundang untuk perform di luar Kota Batam.

“Baru-baru ini tampil di acara MMA Kepri Championship 2017,” sebut Cleo. (nji)

Aura Lee Miliki Tubuh Ideal Dengan Zumba

batampos.co.id – Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi impian setiap wanita. Berbagai upaya dilakukan dalam menjaga tubuh tetap sehat dan ideal. Salah satunya melalui olah raga zumba yang digeluti Aura Lee.

Pekerjaan sebagai marketing salah satu perusahaan di bidang jasa membuat dia harus tampil menarik dihadapan kliennya. Zumba menjadi olahraga yang dipilih untuk bisa memiliki penampilan yang menarik saat bekerja.

“Awalnya karena kerjaan pastinya, depan publik harus terlihat sempurna, karena yang dibawa bukan hanya diri sendiri melainkan juga perusahaan. Jika look kita menarik otomatis menambah kepercayaan diri,” ungkap perempuan kelahiran Grobogan 1993 silam ini.

Perempuan penyuka warna pink ini mengungkapkan sebelum menggeluti zumba, dia juga sempat mengikuti kelas olahraga lainnya, namun menurutnya zumba lebih disukai.

“Zumba paling banyak gerakan, jadi keringat keluar semua,” ucap perempuan yang akrab disapa Aura ini.

Selain penunjang dalam kerjaan, menurutnya perempuan selalu tidak nyaman jika bicara berat badan, untuk ia menyisihkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan. “Minimal tiga kali seminggu aku sediain waktu buat zumba, dan efeknya tubuh menjadi lebih sehat dan wajah lebih fresh juga,” ucapnya.(cr17)

 

Nabilah Ratna Ayu Azalia Mundur dari JKT48

Nabilah Ratna Ayu Azalia mengakhiri perjalanannya dengan JKT48 karena sakit dan ingin fokus di pendidikan (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Nabilah Ratna Ayu Azalia memutuskan untuk mundur dari grup idola JKT48.

Melalui pengumuman resmi yang disampaikan oleh manajemen, Nabilah mundur karena sakit.

Pengumuman mundurnya Nabilah diunggah manajemen melalui website JKT48. Pengumuman tersebut berbunyi:

Karena kondisi kesehatan yang kurang baik, Nabilah Ratna Ayu Azalia (Team J) telah menjalani masa istirahat, akan tetapi karena tidak adanya pemulihan yang berarti, yang bersangkutan tidak dapat tampil kembali dengan kondisi prima di depan para fans semua.
nabilah, nabilah JKT48, nabilah keluar dari jkt48

Setelah berdiskusi dengan manajemen, Nabilah memutuskan untuk mengundurkan diri dari JKT48. Oleh karena hal tersebut, terhitung sejak 31 Oktober 2017 yang bersangkutan sudah tidak melanjutkan aktivitasnya di JKT48.

Dalam pengumuman itu, Nabilah juga melampirkan surat untuk penggemarnya. Melalui tulisan tangan, member Tim J itu mengawali suratnya dengan menyampaikan perasaan rindunya. “Aku percaya, tidak ada satupun orang yang siap dengan perpisahan. Tetapi, perpisahan akan selalu ada dan sudah menjadi bagian dari setiap pertemuan,” tulisnya.

Sebelum sampai pada pokok bahasan, gadis yang berulang tahun tiap 11 November itu mengucapkan terima kasih kepada JKT48. Sebab, sudah membesarkan namanya dan telah bersama-sama selama enam tahun sejak awal JKT48 berdiri. Berbagai rintangan disebutnya berhasil dilalui, tetapi tidak untuk kali ini.

Nabilah mengatakan, saat ini ada diposisi sulit untuk memilih. Antara pendidikan atau karir di JKT48. Untuk informasi, Nabilah saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA dan bersiap menghadapi ujian nasional. “Namun rintangan kali ini, aku harus memilih salah satunya. Karena membagi kedua hal ini sangat sulit. Pendidikan dan JKT (JKT48, red),” imbuhnya.

Nabilah mengatakan, beberapa bulan ini sudah mencoba untuk melakukan keduanya bersamaan. Tetapi, tidak maksimal karena dia harus terlambat saat latihan. Ternyata, dia menyebut itu tidak bisa dilakukan bersama-sama dan membuatnya memutuskan untuk memilih pendidikan.

Surat perpisahan Nabilah yang diunggah di JKT48.com (JKT48.com)

Selain pendidikan, Nabilah juga memiliki masalah di kesehatan. Sejak operasi usus buntu pada 2016, kondisinya di panggung tidak bisa fit seperti dulu. Meski sudah diberi waktu oleh manajemen untuk berisirahat, tapi kondisinya tidak kunjung membaik.

’’Ada hari-hari di mana aku merasa telah menyulitkan dan membuat semua orang khawatir karena hal ini. Aku minta maaf untuk semuanya,’’ terangnya.

Nabilah juga menyebut jika posisinya saat ini sangat sulit. Namun, dia sudah yakin dengan pilihan yang sudah dibuat. Dia lantas meminta izin kepada penggemar untuk meneruskan perjalanan yang dia pilih.

’’Aku yakin dengan rencana Allah untuk hidupku. Perpisahan yang paling menyedihkan adalah dilupakan, maka jangan pernah lupakan kenangan manis yang selama ini kita lalui,’’ pintanya.

Keberadaan Nabilah di JKT48 akhir-akhir ini memang menjadi pembicaraan oleh penggemar. Maklum, Nabilah sudah jarang muncul di Teater JKT48 maupun ikut pertunjukan lainnya. Padahal dia masuk dalam daftar member yang menyanyikan single ke-17 JKT48 yaitu Indahnya Senyum Manismu dst. Tidak hanya itu, saat ulang tahun teater ke-5, ada sesi para member mengungkapkan apa yang mereka rasakan.

Nah, saat itu Gaby, member sesama generasi pertama mengungkapkan kerinduannya pada Nabilah. Sebab, sudah jarang hadir. ”Kamu bilang sudah kelas 3 SMA, mau siapin UN. Aku mau apapun yang kamu lakukan, kamu jangan lupa sama orang yang sayang sama kamu. Jangan lupa sama JKT48, karena kamu member yang paling disayangi,” kata Gaby. (dim/ce1/JPC)

TOP THREE