Saya percaya “Menjadi Luar Biasa” adalah proses revolusioner yang menuntut perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu.  (Michael Jordan)

“Alexa, tolong matikan lampu,”

“Alexa, tolong nyalakan televisi,”

“Alexa, bagaimana kondisi cuaca saat ini?”

Setiap kali Anda mengucapkan kalimat-kalimat diatas, maka Alexa dengan sigap akan melaksanakannya.

Siapa sih Alexa?

Alexa adalah Virtual Assistant yang dikembangkan oleh Amazon pada tahun 2014. Sebuah terobosan di bidang teknologi yang sangat luar biasa.

Alexa inilah yang kemudian mengilhami perusahaan-perusahaan teknologi lain melakukan hal yang sama. Hingga akhirnya Apple. Inc melahirkan Siri, Google membuat Google Assistant, dan Samsung menelurkan Bixby.

Dengan Alexa sang asisten, Anda tak perlu lagi menekan tombol untuk menyalakan perangkat-perangkat di rumah. Tinggal ngomong, maka Alexa akan langsung mengeksekusi perintah Anda. Inilah bagian dari kehidupan masa depan yang telah diciptakan oleh Amazon.

Luar biasa kan?

Tapi saat didirikan tahun 1994, Amazon belum menjadi apa-apa. Hanya perusahaan penjual buku online. Dimulai dari sebuah garasi. Bahkan Jeff Bezos yang sekarang adalah orang terkaya di dunia itu, harus ikut mengantarkan buku-buku pesanan ke kantor pos untuk dikirim kepada pemesan.

Tapi sekarang Amazon sudah berkembang menjadi perusahaan raksasa yang luar biasa. Toko online terbesar di dunia. Masuk dalam jajaran The Big Four. Bersanding dengan Microsoft, Google dan Apple. Inc. Dan saat ini Amazon merupakan perusahaan terbesar di dunia!

Saham Amazon juga menunjukan performa yang sangat luar biasa. Saat pertama kali melantai di bursa pada tahun 1997, saham Amazon dihargai USD 18. Namun sekarang, sudah mencapai USD 3.200. Tumbuh 17 ribu persen atau 170 kali lipat dalam waktu 23 tahun.

Jadi, kalau Anda investasi 1 lembar saham di Amazon saat tahun 1997, hanya perlu keluar uang Rp 45 ribu. Karena saat itu kurs Dollar Amerika baru RP 2.500. Tapi setelah 23 tahun berlalu, 1 lembar saham yang Anda beli tadi tadi sudah berharga Rp 46 juta. Atau naik 1000 kali lipat.

Bayangkan jika Anda investasi Rp 100 juta, sekarang sudah jadi lebih dari Rp 100 miliar. Anda sudah jadi miliarder sekarang.

Belum pernah ada perusahaan yang pernah menunjukan performa sebaik Amazon.

Gak percaya? Mari kita bandingkan dengan perusahaan The Big Four lainnya.

Harga saham Apple naik dari USD 22 di tahun 1980, menjadi USD 383 di tahun 2020. Hanya tumbuh sekitar hampir 18 kali lipat dalam waktu 40 tahun. Sementara saham Microsoft tumbuh dari USD 21 di tahun 1986, menjadi USD 213 di tahun 2020. Tumbuh sekitar 10 kali lipat dalam waktu 34 tahun.

Bagaimana dengan saham Google?

Saat pertama kali diluncurkan di 2004, harga saham Google adalah USD 85. Tahun 2020, saham Google telah dihargai USD 1.539. Saham perusahaan ini naik 18 kali lipat dalam waktu 16 tahun.

Tak ada yang menembus 177 kali lipat dalam waktu 23 tahun seperti Amazon. Tiga perusahaan besar tadi jadi terlihat tidak ada apa-apanya kan dibandingkan dengan kinerja Amazon?

Mengapa Amazon bisa menjadi sedemikian dahsyat?

Bezos sebagai seorang pemimpin mampu melihat masa depan dengan melakukan Inovasi dan Terobosan sehingga membuat Amazon menjadi perusahaan yang Hebat menjadi Dasyat (Good to Great).

Membuat perusahaan yang Bagus menjadi Luar Biasa Bagus dibutuhkan ketajaman Visi seorang Pemimpin dan Karakter yang mampu mengatasi setiap masalah. Sehingga perusahaan mampu berlayar mencapai tujuan meski harus menerjang badai di perjalanan. Inilah Transformasi Bisnis!

ATB juga punya visi besar untuk jadi perusahaan seperti Amazon. Perusahaan yang telah membuktikan kinerja yang bagus di Batam, menjadi perusahaan yang Luar Biasa dengan menjangkau Indonesia. Bahkan pada suatu titik, mungkin menjangkau dunia. Hebat menjadi Dasyat. Insyaallah.

ATB telah mengalami Transformasi Besar dalam beberapa tahun terakhir. Dari yang dulunya konvensional, jadul, menjadi perusahaan canggih berbasis informasi teknologi. Perusahaan air bersih pertama di Indonesia yang menerapkan Smart Water Management System.

Inovasi demi inovasi terus dilakukan, hingga akhirnya ATB berhasil menemukan ATB Integrated Water Operation Management System berbasis SCADA. Teknologi ini adalah pionir, karena merupakan satu-satunya di Indonesia, bahkan dunia.

Penemuan ini telah diganjar PATEN pada Oktober 2019 oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Inovasi agar pengolahan air bersih di Indonesia bisa lebih efisien sudah ada. Ditemukan oleh ATB. Telah terbukti efektif diimplementasikan di Batam. Sehingga sungguh tidak fair jika keunggulan yang dimiliki ATB hanya dinikmati oleh Batam.

Implementasi teknologi AR dan AI adalah bagian dari ATB mengantisipasi masa depan. Bagaimana ATB ingin membawa perusahaan ini bukan sekedar baik, tapi menjadi perusahaan yang luar biasa hebat. Ini Mimpi Besar ATB.

Dengan bermodal Kemampuan dan Karakter sebagai pemenang, maka itu bukan hanya sekedar mimpi. Mari kita sambut masa depan dengan berfikir positif, berfikir besar, untuk memberikan kontribusi besar bagi Bangsa dan Negara yang kita cintai.

Nah, pembaca Kopi Benny, tanpa terasa saya telah berbagi pengalaman melalui Kopi Benny selama 50 edisi. Sungguh perjalanan yang panjang selama hampir setahun terakhir. Tanpa saya sadari telah terjadi ikatan yang kuat antara Kopi Benny dengan diri saya sendiri.

Sungguh sebuah kebanggaan dan kebahagian bisa berbagi dengan anda semua, meskipun saya tahu kadang barangkali terdapat kata–kata yang bisa jadi menyinggung seseorang atau bahkan institusi, tapi percayalah bahwa tidak ada niatan sama sekali untuk melecehkan atau merendahkan.

Semata–mata adalah bagaimana agar dapat memberikan semangat untuk terus mendorong, sehingga kita semua dapat mencapai tataran yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Kopi Benny memuat berbagai hal dalam Transformasi Bisnis. Bagaimana sebuah perusahaan selalu mampu keluar dari kondisi yang sulit dengan menerapkan lesson learned dari berbagai perusahaan besar saat mereka mampu mengatasi kesulitan atau bahkan belajar dari kegagalan perusahaan lain akibat masalah yang mereka hadapi.

ATB merupakan satu bukti nyata bahwa perusahaan air yang selama ini dianggap kurang berkelas ternyata dapat menerapkan managemen masa kini, dan bahkan lebih maju dari jamannya dalam proses pengelolaan air dengan menerapkan Revolusi Industri 4.0. Saat ini ATB bahkan menjadi benchmark untuk perusahaan air minum terbaik di Indonesia.

Inovasi Teknologi, dan Kekuatan Asset Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dalam membuat perusahaan menjadi sedemikian efisien dan tidak ragu menerjang perubahan yang memang harus dilakukan.

Leadership Yang Unggul sangat dibutuhkan dalam memimpin perusahaan, sehingga mampu memandu perusahaan kearah yang benar, dan mampu melalui setiap badai yang menghadang saat harus mencapai tujuan.

Namun demikian Saya juga sangat sadar bahwa ternyata masih banyak yang perlu saya pelajari dalam menempuh hidup ini. Kopi Benny telah membuat saya terdedikasi untuk bisa terus belajar, dan terus menambah wawasan.

Karena memang hanya dengan belajar dan mendengar kita mampu mengisi kekurangan yang ada dalam diri kita.

Para penggemar Kopi Benny tidak perlu khawatir atas berakhirnya edisi ini. Anda semua masih bisa terus mendapatkan sajian Kopi Benny dan Sarapan Pagi di Fan Page Kopi Benny.

Saya masih akan terus berbagi, setiap hari dan setiap minggu untuk membuat anda semua terus bergairah, bersemangat dan terinspirasi untuk mendapatkan capaian yang lebih baik.

“Satu hal yang perlu kita sadari bahwa kita tidak akan berubah, Ketika memang kita tidak ingin berubah, dan semakin banyak kita memberi maka semakin banyak pula yang kita akan terima”

Semoga selalu sukses dan tetap semangat.

Salam hangat, salam Kopi Benny.(*)