batampos.co.id – Masyarakat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, sangat antusias untuk menukarkan uang peringatan kemerdekaan (UPK) Rp 75 ribu di kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri di Jalan Engku Putri, Batam Center.

Salah satunnya Julie. Warga Batam Centre ini datang ke kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri bersama keluarga dan rekan-rekannya untuk menukarkan uang edisi khusus tersebut.

“Saya senang bisa dapat uang ini,” katanya saat ditanyai batampos.co.id, Rabu (19/8/2020).

Ia menjelaskan, mengetahui adanya penukaran uang edisi khusus tersebut dari media sosial instagram.

Setelah memperoleh informasi tersebut, ia mendaftar diaplikasi aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id.

“Saya daftar tepat tanggal 17 Agustus bersama keluarga dan pasangan saya,” tuturnya.

Julie bersama pasangannya Welly memperlihatkan uang peringatan kemerdekaan (UPK) ke 75 RI setelah menukarkannya di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Ia mengatakan, sempat kesulitan untuk mendaftar diaplikasi tersebut. Namun setelah dicoba beberapa kali akhirnya ia dan keluarga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh uang tersebut.

“Ada sekitar 10 kali saya mencoba dan akhirnya bisa,” tuturnya.

Julie mengatakan, dirinya baru pertama kali mendapatkan uang edisi khusus kemerdekaan.

Baca Juga: Bank Indonesia Distribusikan 900 Ribu Lembar Uang Rp 75 Ribu di Provinsi Kepri

Uang tersebutpun lanjutnya akan disimpan dan dijadikan koleksi barunya.

“Saya senang banget pastinya dan niatnya memang untuk koleksi,” ucapnya.

Hal senada diutarakan kerabatnya, Welly. Pria tersebut juga akan menyimpan uang tersebut sebagai koleksi barunya.

Sebelumnya Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, M Arif Kurniawan, mengatakan, Provinsi Kepri, mendapatkan 900 lembar UPK Rp 75 ribu.

Ia menjelaskan penukaran sudah dapat dilakukan pada Selasa (18/8/2020) hingga Rabu (30/9/2020) mendatang di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Idonesia Provinsi Kepri.

Penukaran lanjutnya dilakukan selama tiga jam setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Uang Pecahan Rp 75 Ribu Edisi Khusus Kemerdekaan

Ia menjelaskan secara nasional UPK Rp 75 ribu dicetak sebanyak 75 juta lembar dan yang dapat menukarkan uang edisi khusus tersebut hanya masyarakat yang sudah memiliki KTP.

“Jadi syaratnya itu satu KTP hanya bisa dapat satu lembar saja dan per hari kuota yang kita berikan untuk 150 orang,” jelasnya.(esa)