batampos.co.id – Pada 20 Desember 2020 akun YouTube Top Beauty World mengumumkan The 100 Most Beautiful Woman 2020. Pengumuman itu disambut gembira oleh barisan para penggemar Lesti Andryani alias Lesty Kejora, lantaran idolanya duduk di peringkat ke-5 sebagai perempuan tercantik di dunia.

Kendati banyak yang senang atas pengumuman tersebut, masuknya Lesti sebetulnya mengundang pro dan kontra di masyarakat ketika itu. Ada yang tidak setuju bahkan sampai melayangkan protes kepada Top Beauty World.

Kritikan itu ditanggapi santai melalui Instagram. Ia menyatakan pemeringkatan tersebut sudah sesuai dengan standar yang dipatoknya dengan beberapa kriteria. Ajang ini disebutnya sudah berlangsung sejak 2015 silam. Ia menyatakan, apabila ada yang tidak setuju atas nominasi yang dibuatnya, Top Beauty World meminta untuk mengabaikan atau tidak mengikutinya.

’’Apabila kalian tidak menyukainya, lewati dan ikuti apa yang kalian suka supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman,’’ tulisnya dalam bahasa Inggris dalam Instagram Story, beberapa hari lalu.

Lesti Kejora. (jpg)

Namun tidak lama kemudian akun Instagram Top Beautu World malah menghilang dari Instagram. Namun kini akun tersebut sudah muncul lagi namun malah di-private. Artinya akun tersebut tidak bisa dilihat oleh orang yang bukan pengikutnya

Hilangnya akun Instagram Top Beautu World yang kemudian muncul lagi namun dibuat private seolah mematahkan argumentasinya kalau proses penominasian 100 perempuan tercantik di dunia dilakukan secara valid dengan melibatkan sejumlah klinik kecantikan di Amerika dan mematok tiga kriteria penilaian.

Dari penelusuran akun YouTubenya, Top Beauty World memang benar sudah mengumumkan nominasi 100 perempuan tercantik di dunia sejak 2015 namun memiliki kemiripan dengan TC Candler meski sedikit dimodifikasi.

Pada 2018 silam, TC Candler ternyata sempat melayangkan protes kepada Top Beauty World karena dianggap mencuri konsepnya. Mulai dari logo, branding, hingga foto. ’’Kami tidak mempermasalahkan keberadaannya. Namun ia mencuri logo, branding, foto dan konsep. Ia menipu penggemar untuk memercayai bahwa ia ada kaitannya dengan kami,’’ tulis TC Candler pada 7 Agustus 2018.

Meski akun Instagram Top Beauty World sudah di-private, akun YouTube-nya yang berisi penominasian 100 perempuan tercantik di dunia 2020 masih ada sampai sekarang. Video itu sudah ditonton sebanyak 602 ribu kali. (*/jpg)