batampos.co.id – Pernikahan Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan Fatimah Az Zahra sejatinya sudah diketahui publik sejak beberapa waktu lalu. Hal itu setelah mereka mendaftarkan pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA) dan foto formulir persetujuan pengantin juga sempat beredar di sosial media.

Kendati demikian, tanggal pasti pernikahan awalnya direncanakan bulan depan namun akhirnya dimajukan oleh keduanya. Rabu (28/4) sore, mereka melangsungkan pernikahan. Kabar itu terkonfirmasi kebenarannya dengan adanya keterangan langsung dari penceramah lulusan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir itu melalui sebuah unggahan di Instagram.

Dalam postingan tersebut UAS menyatakan pernikahan dirinya dengan Fatimah dilaksanakan pada Rabu (28/4) sekitar pukul 16.30 WIB. Dalam video yang diunggah akun YouTube hai guys official, Rabu (28/4) malam, dimunculkan prosesi akad nikah UAS-Fatimah.

Pernikahan mereka digelar di rumah mempelai perempuan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal menjadi saksi atas ikatan suci tersebut.

Dalam video, diketahui orang yang menikahkan UAS adalah ayahanda dari Fatimah secara langsung, Salim Soleh. Prosesi ijab kabul dilaksanakan menggunakan bahasa Arab fusha sesuai dengan gramatika bahasa Arab.

Ustaz Abdul Somad menikah dengan perempuan 19 tahun Fatimah Az Zahra. (Instagram Ustaz Abdul Somad)

Salim menikahkan UAS dengan putrinya Fatimah dengan mas kawin berupa 244 gram emas. “Qabiltu nikahaha wa zawajaha bil mahril madzkur haalan,” kata Abdul Somad dalam satu tarikan napas saat prosesi ijab- kabul.

Prosesi akad nikah UAS-Fatimah dihadiri banyak orang sebagaimana terlihat dalam video itu. Setelah prosesi ijab-kabul berhasil terlaksana lancar tanpa ada pengulangan lagi. Tidakk lama kemudian doa langsung dipanjatkan.

Dalam doanya, sang pemuka agama memohon kepada Allah agar pernikahan UAS-Fatimah mendapatkan keberkahan, keduanya dipersatukan dalam kebaikan, dan diberikan keturunan yang baik. Dan dengan adanya perikahan ini, juga didoakan agar Allah memuka pintu-pintu kebaikan dan rahmat.

Sementara itu, Arie Untung, artis yang diketahui dekat dengan UAS mengatakan bahwa itu baru akad nikah. Sementara resepsi pernikahan Abdul Somad-Fatimah kemungkinan akan dilangsunkan terpisah. “Kayaknya baru akad sih. Karena masih puasa Ramadan, pandemi, yang penting sah aja dulu,” tutur Arie Untung kepada JawaPos.com.

Sebelum menikah dengan Fatimah az Zahra, ustaz Abdul Somad diketahui sempat menikah dengan Mellya Juniarti sejak 20 Oktober 2012. Namun karena satu dan lain hal, bahtera rumah tangga mereka berakhir di jalur perceraian pada 2020.

Dari hasil pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak bernama Mesian Haziq Abdillah. Sementara Fatimah az Zahra sebelumnya belum pernah menikah. Dia baru berusia 19 tahun. Secara usia, terpaut usia 24 tahun dengan UAS. (*/jpg)