batampos.co.id – Wahai penggemar komik Detektif Conan, akhirnya Shinichi Kudo dan Ran Mouri resmi berkencan.

Dalam episode terbarunya, yakni episode 928, Ran akhirnya menerima ungkapan cinta Shinichi.

Itu artinya penggemar digantung selama 23 tahun, menunggu kisah mereka berdua.

Kisah cinta Shinichi Kudo dan Ran Mouri dalam serial anime Detektif Conan, sejak pertama kali penayangannya memang belum pernah dinyatakan resmi berpacaran. Kedua tokoh yang diceritakan bersekolah di SMA Teitan ini baru menyimpan rasa saling suka, tetapi belum pernah mengungkapkan perasaannya.

“Breaking News! Akhirnya Shinichi dan Ran jadian!” tulis seorang penggemar.

Dalam episode 928, diceritakan bahwa Conan kembali menjadi Shinichi setelah meminum obat penawar dari Aibara demi ikut karya wisata SMA Teitan ke Kyoto. Ia diceritakan satu kelompok dengan Ran, Sonoko, Sera, dan Nakamichi. Mereka berwisata ke Kiyomizu Dera, sebuah kuil ternama di Kyoto.

Saat berkaryawisata, terdapat sebuah kasus pembunuhan. Shinichi dan Sera yang merupakan Detektif SMA, membantu memecahkan kasus tersebut. Di tengah-tengah pemecahan kasus, Shinichi dan Ran terus mendapat godaan dari teman-temannya tentang Shinichi yang sudah menyatakan cintanya pada Ran di London beberapa waktu lalu.

Saat itu, Ran juga sempat mengutarakan ingin bertemu dengan Okita, pemain kendo yang dikenalnya untuk menyampaikan sesuatu. Ketika keduanya bertemu, Sonoko yang jahil memotret mereka dan mengirimnya kepada Shinichi yang sedang berpikir memecahkan kasus. Akibatnya, Shinichi tidak bisa berkonsentrasi setelah melihat foto tersebut karena cemburu.

Singkat cerita, kasus pembunuhan pun terungkap di kuil Kiyomizu Dera. Shinichi yang dibantu Heiji Hatori berhasil mengungkap kasus dan menangkap pelakunya, kembali bergabung dengan rekan-rekannya, Ran, Sera, Sonoko, dan Nakamichi yang turut berada di sana.

Ran kemudian mengajak pergi ke Kitano Tenmangu berdasarkan saran dari Okita. Mendengar itu, Shinichi sempat kesal dan ia langsung menahan Ran yang mulai pergi. Ia langsung bertanya pada Ran tentang dirinya dan menyatakan bahwa di London dirinya telah menyatakan perasaannya.

Adegan Shinichi Kudo dan Ran Mouri di Kiyomizu Dera, episode 928 (Pinterest)

Belum selesai Shinichi berbicara, dengan sigap, Ran langsung menarik dasi seragam sekolah Shinichi dan mencium pipi lelaki itu hingga membuatnya terkejut.

“Itu jawabanku!” ujar Ran kemudian.

Namun ekspresi Shinichi yang aneh membuat Ran bertanya apakah hal itu belum cukup? Shinichi pun mulai mendekati Ran dan bersiap hendak mencium bibir Ran, hanya saja hal itu tidak terjadi karena tiba-tiba tubuhnya merasakan sakit mengingat efek obat yang diminumnya habis sehingga ia akan mengecil kembali menjadi Conan.

Setelah kembali menjadi Conan, Shinichi mengirim pesan kepada Conan yang berisi permintaan maaf. Kendati demikian Shinichi mengaku senang dengan jawaban Ran itu dan berterima kasih karenanya.

Ran pun membalas pesan Shinichi dan memastikan apakah saat ini mereka berpacaran? Pesan itu tentu saja dibalas dengan jawaban ‘ya’ oleh Shinichi.

Sebelumnya, Shinichi menyatakan perasaannya pada Ran ketika keduanya berada di London. Adegan tersebut tayang di episode 621. Saat itu Ran sempat ngambek kepada Shinichi karena tidak memberitahu bahwa dia juga berada di London sama sepertinya. Padahal Ran sudah menyiapkan daftar oleh-oleh untuk Shinichi dan gembira saat mendatangi tempat yang Shinichi idam-idamkan.

Ketika ia tahu Shinichi juga berada di sana, Ran kecewa. Ia menangis dan mengungkapkan bahwa dirinya bodoh karena terlalu bahagia sendiri serta menyebut bahwa Shinichi tidak bisa menalarkan perasaannya. Tentu saja Shinichi mengatakan bahwa seandainya dirinya adalah Sherlock Holmes, dia tetap tidak akan mengerti karena tidak bisa membaca pikiran seorang wanita yang sangat dicintainya. Mendengar itu, Ran hanya bisa diam.

Para penggemar Detektif Conan harus menunggu puluhan episode dari 621 ke 928 untuk akhirnya melihat Ran menerima ungkapan perasaan Shinichi. Kendati adegan jadiannya Ran dan Shinichi dalam serial anime baru ditayangkan, akan tetapi dalam versi komik, adegan itu sudah dimuat sejak lama.

Ditayangkan pada tahun 1996, serial anime Detektif Conan masih bertahan dan terus menyajikan kisah Shinichi Kudo yang tubuhnya mengecil menjadi Conan Edogawa yang memecahkan berbagai kasus. Kisah asmara Shinichi dan Ran sendiri sangat menarik perhatian karena diceritakan bahwa Ran seolah tidak bisa menggapai cintanya kepada Shinichi karena tubuh lelaki itu yang mengecil.

Ran diceritakan tidak tahu bahwa Conan Edogawa yang tinggal bersamanya selama ini adalah justru Shinichi Kudo. Tubuh Shinichi sendiri mengecil ketika ia sedang berjalan-jalan dengan Ran ke sebuah taman hiburan dan mencoba memecahkan kasus.

Namun setelah Shinichi dan Ran resmi berkencan, tentu saja cerita Detektif Conan tidak sampai di situ saja. Rahasia-rahasia lain yang belum terungkap akan terus disajikan oleh Gosho Aoyama di episode dan seri-seri berikutnya. (jpc)