batampos.co.id– Pemukiman liar yang menghalangi proyek jalan dua jalur di sepanjang Jalan Diponegoro belum ditertibkan.

Sekretaris Satpol PP Kota Batam, Fridkalter, mengatakan, penertiban belum bisa dilakukan sesuai rencana yakni awal Juli 2019.



Kata dia, pihaknya masih menunggu tanggapan dari Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam karena ruas jalan tersebut termasuk dalam ruas jalan nasional. “Masih koordinasi dengan Ditpam,” ujar Fridkalter, Kamis (11/7/2019).

Penertiban bangunan liar di sepanjang jalan Diponegoro ini diakui Fridkalter butuh koordinasi yang matang bersama pihak terkait.

Alat berat eskavator mengeruk bukit di Jalan Diponegoro Seitemiang, Tanjungriau, Sekupang, Senin (15/4). Pemotongan bukit ini untuk pembuatan jalan jalur dua antara Sekupang dan Batuaji. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Kata dia, penertiban akan dilakukan di semua ROW kedua sisi jalan. Row jalan arah Batuaji-Sekupang dibersihkan untuk kelancaran proyek jalan dua jalur dan ROW jalan Sekupang-Batuaji untuk pelebaran dan drainase jalan.

Baca Juga: 4 Fakta Ruas Jalan Diponegoro Kota Batam

“Yang sebelah kiri (dari arah Batuaji) itu masuk jalurnya proyek jalan dua jalur,” jelasnya.

“Sebelah kanan yang saat ini ada pasar kaget dan lain sebagainya juga ditertibkan karena untuk pelebaran dan drainase jalan,” kata dia lagi.

Namun lanjutnya, meski penertiban belum terlaksana, pihaknya terus melakukan pendekatan dan sosialisasi ke penghuni bangunan liar di lokasi tersebut.

Pendekatan lanjutnya dilakukan oleh pihak kelurahan.

“Ada sekitar 20 bangunan liar yang kena, itu lagi didekatin supaya pada hari H penertiban tak ada masalah lagi,” kata Fridkalter.

Baca Juga: Proyek Jalan Dua Jalur Seitemiang Terhalang Pemukiman Liar

Proyek jalan dua jalur Seitemeiang sangat dinantikan oleh masyarakat pengguna jalan. Proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu dibutuhkan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dan kemacetan di ruas jalan tersebut.

Proyek ini tengah berjalan dan proses pembukaan akses jalan baru untuk jalur Batuaji-Sekupang sudah sampai ke TPU Seitemiang dari Sekupang.(eja)

Loading...